YUK BELAJAR TENTANG VALUASI SAHAM

Written by Karlina, November 19, 2020

Valuasi saham adalah tata cara / metode / prosedur untuk mendapatkan nilai atas saham dari suatu Perusahaan. Shannon Pratt adalah seorang ahli yang mengajarkan bagaimana kita melakukan valuasi saham sehingga penggunaan metode, analisis dan penerapan unsur pembentuk nilai serta hasil valuasi tepat guna.

Sebelum memutuskan untuk memulai investasi saham, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar investasi berjalan lancar dan terarah. Salah satunya yaitu mencari nilai perusahaan atau biasa disebut Valuasi Saham. 

Berikut Adalah Penjelasan Tentang 3 Pendekatan Valuasi Menurut Shannon Pratt:

Net Assets Approach

Istilah lain dari Net Assets Approach adalah Asset-Based Approach, yaitu metode penilaian saham perusahaan yang berfokus pada NAV (Net Asset Value) atau FMV (Fair Market Value). Cara mengetahui nilai valuasi saham dari pendekatan ini adalah mengurangi total aset dengan liabilitas (hutang atau pajak terhutang).

Market Approach

Market Approach adalah metode penilaian yang menggunakan harga dan informasi relevan lain yang dihasilkan oleh transaksi pasar dengan melibatkan aset, liabilitas, atau sekelompok aset atau liabilitas yang identik atau sebanding. Pendekatan ini dapat digunakan untuk menghitung nilai properti serta menentukan nilai kepemilikan bisnis, keamanan, atau aset tidak berwujud.

Income Approach

Income Approach adalah jenis metode penilaian real estate yang memungkinkan investor untuk memperkirakan nilai properti dari pendapatan operasional bersih dari sewa yang dikumpulkan dan membaginya dengan tingkat kapitalisasi (Capitalization Rate). Singkatnya, Income Approach dapat digunakan untuk menentukan nilai properti sekarang di masa depan.

Valuasi saham juga dilakukan atas berbagai macam pertimbangan dalam menentukan nilai intrinsik suatu saham, tetapi semuanya dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu valuasi absolut dan valuasi relatif.

Yuk Kita Bahas Keduanya Satu Persatu

Valuasi Relatif

Untuk melakukan valuasi relatif, pertama-tama, kumpulkan emiten-emiten yang berada dalam satu sektor yang sama; lalu buatlah tabel data berisikan harga terakhir, jumlah saham beredar, laba tahun terakhir atau kuartal terakhir disetahunkan, dan ekuitasnya. Kemudian, kalkulasi  Price per Earning Ratio (PER) dan Price per Book Value Ratio (PBV).

Price per Earning Ratio (PER)
Rasio PE atau PER adalah metode untuk membandingkan harga saham saat ini dengan kemampuan perusahaan menghasilkan laba. Pertama, tentukan Laba per Jumlah Lembar Saham yang Beredar (Earning per Share/EPS). Setelah itu, tentukan posisi harga sekarang apakah sudah termasuk murah atau mahal dengan rasio harga per EPS.
 

Price per Book Value Ratio (PBV)
Metode valuasi PBV adalah membandingkan harga saham sekarang dengan nilai buku suatu perusahaan. Pertama, ketahui dahulu Nilai Buku per Lembar Saham (Book Value per Share Outstanding/BVPS)

Nah Bagaimana Menghitungnya ? Tunggu di Artikel Selanjtunya yaa

Valuasi Saham Absolut atau Discounted Cash Flows (DCF) 

Dalam metode DCF, intinya bahwa seluruh uang di perusahaan (emiten) di masa depan (future value) jika didiskontokan merupakan nilai wajar saham tersebut (present value). Valuasi absolut banyak sekali ragamnya sesuai dengan peruntukannya masing-masing dan pengembangannya juga sangat luas, sedangkan valuasi relatif hanya ada beberapa saja. Saat ini ada tiga faktor fundamental yang menentukan nilai rasio P/E dari suatu perusahaan:

Imbal hasil fundamental yang terdiri atas pertumbuhan laba (earnings growth) dan dividend yield (dividen per lembar saham dibagi dengan harga saham).

Risiko (business risk dan financial risk) yang mengancam laba di masa mendatang.

Visibilitas  jangka panjang dari pertumbuhan laba (earning visibility). (Apakah pertumbuhan laba di masa mendatang dapat diestimasikan dengan mudah?)

Nilai valuasi absolut tidak pernah sama antara seseorang dengan orang lain. Misalnya harga wajar tanah per-100 m2 di Bali menurut A adalah 1.5 milyar, menurut B pantasnya adalah 2 milyar, menurut C harganya seharusnya 1 milyar saja per 100 m2. Valuasi absolut tidak pernah sama antara satu orang dengan orang lainnya.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami