Trading Futures VS Sektor Riil

Written by Indri Dwi Sapitri, November 25, 2020

Ketika para pemilik modal dan para pengusaha muda mengenal dunia trading, mereka cenderung mulai bertanya-tanya mengenai mana yang lebih menguntungkan, Trading Futures atau Bisnis Sektor Riil. Mana yang tingkat returnnya lebih tinggi, trading futures atau bisnis sektor riil? Mana yang lebih aman untuk dijadikan lahan investasi, trading futures atau bisnis sektor riil? Mana yang lebih mudah untuk dijalankan, trading futures atau bisnis sektor riil?

Pertanyaan-pertanyaan yang tentunya sangat wajar. Mengingat setiap pengusaha pasti ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari modal yang mereka tanamkan. Disamping itu, setiap pengusaha pasti juga menginginkan bisnis yang aman, tidak beresiko, dan tentunya juga mudah untuk dikelola dan dijalankan.

Nah, untuk Anda yang hingga saat ini masih sering bertanya – tanya mengenai beberapa hal di atas, berikut merupakan penjelasan singkat yang dapat mewakili jawaban semua pertanyaan di atas:

1. Segi Keamanan

Jika dikaji dari segi keamanan, pada dasarnya kedua bisnis ini sama – sama aman. Hanya saja, jika dilihat dari tingkat keamanan modal, bisnis sektor riil dapat dikatakan lebih aman dibandingkan dengan bisnis trading. Hal ini seperti apa yang telah dijelaskan di atas, dimana Anda dapat kehilangan seluruh modal Anda hanya dalam jangka waktu bulanan atau bahkan mingguan saja.

Hal ini tentunya berbeda dengan bisnis sektor riil. Untuk melindungi aset / modal Anda, Anda dapat mengasuransikan aset bisnis Anda, sehingga posisi modal Anda menjadi lebih aman dan terlindungi.

2. Segi Keuntungan

Jika dikaji dari segi peluang untung dan rugi, dapat dikatakan jika bisnis trading cenderung jauh lebih potensial untuk menghasilkan keuntungan. Di bisnis ini, dengan memanfaatkan teknik analisa teknikal dan fundamental yang tepat, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 100 % besaran modal Anda dalam jangka waktu yang sangat singkat. Hal ini tentunya jauh lebih menguntungkan dari bisnis sektor riil yang normalnya untuk BEP (Break Even Poin / titik impas) saja membutuhkan jangka waktu lebih dari satu tahun.

Namun.. harus diingat, dibalik potensi keuntungannya yang sangat besar, bisnis trading juga mengandung resiko yang luar biasa besar. Di bisnis futures trading, jika analisa dan prediksi yang Anda lakukan selalu tepat, Anda memang bisa mendapatkan keuntungan mencapai 100 % dari modal Anda hanya dalam jangka waktu yang sangat singkat. Tapi, jika analisa dan prediksi yang Anda lakukan salah, Anda dapat kehilangan seluruh modal Anda dalam jangka waktu yang singkat juga (bisa satu tahun, satu bulan, satu minggu, atau bahkan satu kali trading).

3. Keuntungan Lebih Bisnis Trading Futures dibandingkan Bisnis Sektor Riil

Meskipun bisnis trading jauh lebih beresiko, bisnis ini memiliki banyak sekali keuntungan lebih, seperti :

  • Anda tidak perlu memikirkan lokasi bisnis;
  • Anda tidak perlu mengurus ijin usaha perusahaan;
  • Anda dapat berbisnis di mana saja, bahkan dari tempat tidur Anda sendiri; dll;
  • Anda tidak perlu memikirkan SOP tenaga kerja Anda;
  • Anda tidak perlu mengurusi tenaga kerja;
  • Anda tidak perlu memikirkan pajak perusahaan.

Itulah sedikit gambaran mengenai perbandingan antara bisnis trading dan bisnis sektor riil. Perlu diketahui, menjalankan bisnis pada dasarnya bukan hanya dilandaskan pada tinggi rendahnya peluang keuntungan. Lebih dari pada itu, dalam menjalankan bisnis, seorang pebisnis harus mengedepankan passion mereka. Oleh karena itu, jika passion Anda cenderung lebih mengarah ke bisnis trading, Anda dapat menggeluti bisnis trading ini. Akan tetapi, jika passion Anda cenderung lebih mengarah ke bisnis sektor riil, lebih baik Anda fokus ke bisnis sektor riil saja yang jauh lebih Anda kuasai.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami