MENGATUR STARTEGY TRADING DI STOCK ATAU FUTURES MARKET

Written by Hanna Dalimunthe, February 29, 2020

Memulai berinvestasi atau menanamkan modal di pasar modal ataupun trading dalam dunia futures market, pasti semua orang mengharapkan profit yang maksimal. Tentu trader mana yang tidak mau meningkatkan profit? Jawabannya hampir semua bisa dipastikan ada. Tentu tujuan utama tak lain daripada untuk mendapatkan keuntungan dan pendapatan tambahan. Namun, sebelum memulai pastikan sudah mengetahui dan pelajari secara dasar-dasar dunia investasi dan trading dalam finance market. Agar Anda tidak jatuh terlalu dalam dan meminimalisir kerugian dan hal-hal yang tidak di inginkan. Ketika Anda sudah berniat untuk memperbesar keuntungan dari berinvestasi, jangan pernah lupakan bahwa di balik itu ada resiko loss yang tak kalah besarnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan keuntungan nya? Tanpa perlu menghadapi resiko?

Anda perlu mengatur strategy dalam memulai berinvestasi baik itu untuk jangka panjang, atau trading untuk jangka pendek. Berikut tips yang bisa Anda terapkan dalam mengatur Strategy di Stock atau Futures market.



PERHATIKAN MONEY MANAGEMENT

Salah satu faktor penting dalam berinvestasi yang berkaitan dengan pengendalian resiko. Investasi adalah bisnis dan dalam bisnis tentu ada resikonya. Berapapun besar modal kita, tentunya kita ingin membatasi besarnya resiko yang mungkin terjadi. Aturan Money Management dengan 1% Rule menyatakan bahwa Anda sebaiknya tidak mempertaruhkan lebih dari 1% ekuitas dalam satu posisi trading. Umpamanya, apabila Anda bertrading dengan modal $1000, maka berdasarkan 1% Rule, janganlah mengalokasikan lebih dari $10 per trading. Sepintas terdengar simpel, tetapi penerapannya bisa cukup memusingkan. Umpamanya bila dengan modal tadi Anda bertrading dengan ukuran lot mini 0.1, berarti stop loss harus ditempatkan sekitar 10 pip dari posisi entry. Sempit sekali, bukan? Dan stop loss sesempit ini bisa dianggap sama saja dengan mengundang loss. Namun, jika Anda menggunakan lot mikro 0.01, maka stop loss bisa ditempatkan sekitar 100 pip dari posisi entry.



ATUR RISIKO

Konsep MM yang umumnya dianggap paling ideal adalah menggunakan rasio risk/reward, khususnya 1:2. Aturan Money Management ini berarti bila Anda berani menanggung risiko sebesar $10, maka idealnya bisa menghasilkan $20 jika profit. Dengan rasio risk/reward 1:2, maka untuk setiap kali profit bisa mengcover satu loss sebelumnya sekaligus menangguk untung. Dengan ini, loss bisa di-cover sedikit demi sedikit dan keuntungan bisa dihimpun, asalkan Win Rate dari sistem trading yang sudah dibuat itu minimal 60%. Seperti yang telah disampaikan, risiko berbanding lurus dengan peluang, untuk itulah Anda perlu mengatur seberapa besar Anda terhadap risiko yang mungkin terjadi. Risiko dalam forex trading tentu adalah loss. Jika Anda tidak membatasa toleransi risiko, sama saja dengan membiarkan semua modal anda (kemungkinan) habis ditelan pasar. Pembatasan risiko ini juga diatur dalam trading plan. Salah satunya teknik adalah position sizing dengan position sizing Anda bisa bertransaksi dengan nyaman tanpa perlu khawatir akan mengalami loss terlalu besar. Di saat yang sama, Anda juga bisa memaksimalkan peluang keuntungan yang ada. Anda tak perlu takut untuk membuka posisi sebanyak dua, tiga atau bahkan sepuluh lot sekaligus selama perhitungan risikonya masih berada di bawah batas toleransi Anda. 




KETAHUI KAPAN WAKTU OPEN POSISI DAN EXIT

Strategi exit juga penting. Yang paling sederhana adalah menutup posisi setelah target profit tercapai, atau stop-loss kena. Bisa juga menutup posisi segera setelah sistem trading Anda mengharuskan demikian. Yang kurang banyak  disadari adalah segera menutup posisi setelah kerugian mencapai persentase tertentu dari keuntungan yang telah diperoleh sebelumnya. Contoh kongkritnya seperti ini: Sebelumnya Anda telah berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar $1,000. Kemudian Anda sebaiknya menetapkan bahwa jika transaksi selanjutnya menyebabkan keuntungan tersebut berkurang hingga 50%, maka Anda akan menutup posisi. Dengan demikian, mental dan modal Anda akan tetap terjaga. Tentu saja ini tidak perlu diterapkan secara letter lijk. Terapkan aturan tersebut untuk kelipatan tertentu, misalnya tiap kelipatan $1,000, tergantung pada besaran modal dan keuntungan yang Anda peroleh.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

• Jadi melalui artikel ini dapat memabantu untuk mengatur strategy Anda dalam berinvestasi
• Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
• CALL atau whatsapp dan cari Hanna silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami