MEMPELAJARI BENEFIT PASAR MODAL

Written by Holis Syaputra, December 04, 2020

Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya. Pasar modal layaknya sebuah pasar tempat bertemu penjual dan pembeli dan yang diperjualbelikan adalah instrumen-instrumen pasar modal. Nah, kira-kira apa benefit yang diberikan oleh pasar modal untuk negara atau investornya? Yuk kita pelajari

Manfaat Pasar Modal Bagi Negara

Membantu dalam Menjalankan Roda Perekonomian Negara


Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, kedua pasar modal menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lain-lain. Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko masing-masing instrument.

Negara bisa Memantau Transaksi Modal


Bank Indonesia mendefiniskan neraca pembayaran Indonesia (NPI) atau balance of payments sebagai catatan statistik atas transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dan nonpenduduk Indonesia yang dihitung dalam periode tertentu. Perlu diketahui bahwa setiap transaksi yang tercatat dalam NPI dilakukan oleh perorangan, perusahaan, maupun pemerintah Indonesia. Secara sederhanya, NPI dapat membantu suatu negara dalam memantau aliran dana untuk mengembangkan perekonomiannya.

Dari banyaknya aktivitas di lantai bursa maka kemungkinan besar juga terjadi transaksi gelap. Oleh karena itu pemerintah memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga stabilitas pasar modal. Pemerintah bisa mengawasi transaksi di pasar modal melalui Badan Pengawas Pasar Modal untuk memantau perkembangan aktivitas di lantai bursa.

Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

Tempat Menanamkan Modal untuk Mendapatkan Keuntungan


Pada dasarnya semua orang membutuhkan rencana keuangan jangka panjang dan investasi menjadi pilihan terbaik. Bagi investor keberadaan pasar saham sangat membantu untuk memutar uang mereka. Dengan banyaknya instrumen investasi dari berbagai macam perusahaan yang bisa dipilih di pasar modal, maka kesempatan investasi juga lebih menjanjikan.

Mendapatkan Passive Income


Pendapatan pasif merupakan pendapatan tetap yang diperoleh secara berkala tanpa kita harus bekerja untuk mendapatkannya. Dalam instrumen investasi di pasar modal, terdapat sejumlah pasif income. Misalnya di investasi saham kita mengenal dividen yang rutin diberikan pada investor ketika perusahaan mendapatkan laba bersih.

Dividen merupakan salah satu bentuk pendapatan pasif yang mana kamu tidak perlu bekerja untuk mendapatkannya. Pembagian dividen setiap pemegang saham tentu berbeda-beda tergantung seberapa besar keuntungan perusahaan pada suatu masa laporan keuangan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Nah, sekarang Anda sudah paham kan tentang BENEFIT PASAR MODAL! Yuk Belajar !

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami