KEMUDAHAN MENENTUKAN TREND DENGAN ICHIMOKU

Written by Hadi Jumaidi, December 03, 2020

Indikator Ichimoku Kinko Hyo dikembangkan di era tahun 1930-an oleh analis keuangan dari Jepang yang bernama Goichi Hosoda. Sinyal atau Indikator Ichimoku ini berfungsi untuk membantu Anda menentukan di mana trend pergerakan harga akan melanjutkan pergerakannya.

Ada 2 (dua) Fungsi Dasar dari Indikator Ichimoku yang Harus Diketahui oleh Setiap Trader, yaitu :

  • Pertama : Ichimoku memberikan informasi tentang Trend yang terjadi pada hari ini. Jika indikator berada di atas harga dari 26 periode lalu, maka secara teknis bisa mengatakan kondisi market saat ini sedang naik.
  • Kedua : untuk menjawab di mana harga kemungkinan akan bergerak selanjutnya. Hal ini tentu tidak mudah karena banyak trader ingin kepastian sebuah trend. Memang banyak dan bermacam-macam Indikator dalam trading forex.

Cara Mengaplikasikan Indikator Ichimoku pada MT4

KLIK INSERT-> INDIKATOR -> CUSTOM -> ICHIMOKU

Muncul Tampilan Di menu Bar dan Buat Sesuai Settingan 


Komponen-Komponen Ichimoku Cloud

Dalam penggunaannya  terdapat 5 garis utama yaitu :

Tenkan-Sen (Garis Tenkan)
Perhitungannya Tekkan Sen : (HIGHEST HIGH + LOWEST LOW)/2  Untuk 9 periode terakhir. Digunakan sebagai garis signal dan garis support /resistance minor. Tenkan Sen biasanya diwakilkan dengan garis merah, juga berfungsi sebagai garis balik dan didapat dengan menghitung nilai tertinggi dan nilai terendah dalam 9 periode terakhir.
 

Kijun Sen (Garis Kijun)
Perhitungan Kijun Sen : (HIGHEST HIGH + LOWEST LOW)/2  Untuk 26 periode terakhir. Adalah Garis konfirmasi, sebuah garis support / resistance, dan dapat digunakan sebagai garis “trailing stop”. Berfungsi sebagai indikator sebagai pergerakan harga kedepan, dan biasa diwakili garis biru.
 

Chikou Span
Perhitungan Chikou Span : Penutupan harga hari ini (Close Price) digeser kebelakang mundur sebanyak 26 periode pada chart. Disebut lagging span digunakan sebagai bantuan untuk support/ resistance, biasanya diwakili dengan warna garis hijau. Tujuan dari proyeksi mundur Chikou Span adalah pembanding untuk pergerakan harga sekarang dengan kondisi pergerakan harga yang lalu.
 

Senkou Span ( A & B )
Senkou Span A : Perhitungan Senkou Span A : (TENKAN SEN + KIJUN SEN)/2 kemudian di majukan sebanyak 26 periode
Senkou Span B : Perhitungan Senkou Span B : (HIGHEST HIGH + LOWEST LOW)/2  Sebanyak 52 candle terakhir kemudian dimajukan sebanyak 26 periode 3
 

Kumo (awan)
Adalah ruang atau area diantara Senkou Span A dan B, sisi-sisi dari awan ini mengidentifikasikan level-level support/resistance saat ini dan yang akan datang secara potensial.
 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Jadi, artikel ini sangat diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran anda untuk bisa menentukan dan menjawab trend serta memanfaatkannya untuk melakukan transaksi dalam trading, Anda harus tahu kapan Anda keluar dari pasar. Jangan pernah malas update informasi karena hanya anda yang dapat menentukan keberhasilan trading anda sendiri.

Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

CALL atau Whatsapp ke +62 8788.42.50.484 dan cari HADI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami