CARA MUDAH TRADING DENGAN MACD

Written by Hadi Jumaidi, December 03, 2020

APA YANG DIMAKSUD TRADING DENGAN MACD ?

Trading dengan MACD-MACD adalah salah satu indikator yang sudah terpasang secara default di metatrader. Indikator ini termasuk dalam golongan indikator oscillator sebagai sinyal terjadinya jenuh jual maupun jenuh beli. Banyak para trader yang menyukai indikator ini karena lebih simpel dan mudah dalam menganlisis sebuah pergerakan.

MACD sendiri singkatan dari Moving Average Convergence Divergence. Bila dilihat dari namanya indikator ini memiliki basis pada moving average atau rata-rata pergerakan pasangan mata uang dalam periode tertentu. Trading dengan MACD biasanya dilakukan ketika terjadi pola divergence karena pada saat itu sedang terjadi ketidakseimbangan harga.

 

DIVERGENCE :

Divergence adalah kondisi dimana terjadi perbedaan antara puncak atau lembah pada indikator dibandingkan dengan puncak atau lembah pada grafik harga. Moment ini membuka peluang untuk terjadi perubahan arah atau penerusan arah.

Dalam variasinya kondisi Divergence dibagi menjadi empat yaitu:

  1. Bullish Divergence.
  2. Bearish Divergence
  3. Hidden Bullish Divergence
  4. Hidden Bearish Divergence

Lalu bagaimana cara trading dengan MACD ketika terjadi Divergence ?

Trading menggunakan MACD pada Bullish Divergence

Bullish Divergence terjadi apabila harga terjadi penurunan sedangkan indikator terjadi kenaikan dan lembah pada grafik lebih rendah dibanding lembah sebelumnya sedangkan lembah pada indikator MACD lebih tinggi dibanding lembah sebelumnya. Moment ini membuka peluang untuk terjadi perubahan arah trend yang tadinya turun atau bearish menjadi naik atau bullish. Maka posisi yang ideal adalah melakukan buy

 

Trading menggunakan MACD pada Bearish Divergence

Bearish Divergence terjadi apabila harga terjadi kenaikan sedangkan indikator terjadi penurunan dan puncak pada grafik lebih tinggi dari puncak sebelumnya, sedangkan pada indikator terjadi puncak lebih rendah dibanding puncak sebelumnya. Moment ini membuka peluang perubahan arah yang tadinya naik atau bullish menjadi turun atau bearish. Maka posisi ideal adalah melakukan sell.

 

Trading menggunakan MACD pada Hidden Bullish Divergence

Hidden Bullish Divergence terjadi apabila harga cenderung naik dan berlanjut naik sedangkan sebalikanya pada indikator terjadi kecenderungan turun dan lembah pada grafik lebih tinggi dari lembah sebelumnya, sedangkan lembah pada indikator lebih rendah dibanding lembah sebelumnya. Maka posisi ideal adalah melakukan buy.

 

Trading menggunakan MACD pada Hidden Bearish Divergence

Hidden Bearish Divergence terjadi apabila harga cenderung turun dan berlanjut turun sedangkan terjadi sebaliknya pada indikator. Puncak pada grafik lebih rendah dibanding puncak sebelumnya dan terjadi sebaliknya pada indikator puncak lebih tinggi dibanding puncak sebelumnya. Maka posisi ideal adalah melalukan sell.

Memahami 4 pola Divergence, dapat membantu kita mengambil posisi Buy atau Sell pada saat yang tepat.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

MACD dan Divergence bisa dijadikan patokan untuk melakukan entry posisi Buy atau Sell

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI DAN CARA MENGGUNAKAN TEKNIK INI dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di +62 838.96.96.96.39

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami