CARA MENENTUKAN PAIR YANG BAIK

Written by Anthonius Edyson, CWM, CTA, November 17, 2020

Analisa Gold, IHSG, Investasi Saham, Rekomendasi Forex - Pemilihan pair dapat dikategorikan sebagai hal terpenting untuk Anda sebelum melakukan transaksi. Dengan pemilihan ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kerugian dan memaksimalkan keuntungan trading. Selain itu, dapat memahami karakteristik dari suatu pair tertentu juga akan menunjang keberhasilan trading Anda. Anda cukup memanfaatkan pair yang dianggap paling aman, paling nyaman, dan paling menyenangkan.

Berikut cara yang dapat anda ketahui dalam menentukan pair yang baik:

Berdasarkan Range
Pergerakan rata-rata harian merupakan pilihan yang paling dicari-cari oleh trader, karena dapat mengindikasikan arah tren dan besar pergerakan harga. Khusus bagi pemula atau yang masih ingin mencari pair yang cocok, Anda bisa menemukan pair dengan range yang relatif kecil. Pair EUR/USD merupakan pair favorit yang dipilih oleh trader karena pergerakan rata-rata yang masih di bawah 150 point.

Bila ingin trading lebih santai dan tidak terlalu tegang, Anda bisa menggunakan pair NZD/USD. Pair ini memiliki pergerakan rata-rata harian kurang dari 70 point. Bagi Anda yang ingin trading sedikit lebih ekstrim dan mencari peluang profit yang lebih banyak, bisa memanfaaatkan pair GBP/USD. Pergerakan rata-rata harian dari pair ini bisa mencapai hampir 200 point. Sedangkan untuk pair yang paling ekstrim adalah XAU/USD, pergerakan rata-rata harian Gold mencapai hampir 2500 point.

Berdasarkan Volatilitas
Gejolak pasar yang tinggi menjadikan pair susah diprediksi. Namun sebagian orang justru ada yang suka dengan pair seperti ini. Akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk bisa melakukan trading pada suatu pair dengan volatilitas yang sangat tinggi. Pair-pair dengan volatilitas harga tinggi diantaranya adalah GBP/USD, GBP/JPY, dan lain-lain. Volatilitas pair-pair tersebut selalu bergerak cepat. Baik posisi short maupun long-nya akan selalu berulang lebih cepat dibandingkan dengan rata-rata pair lain.

Untuk pair AUD/USD, EUR/USD, atau USD/CAD, volatilitas harga yang ditampilkan secara short atau long terkadang tidak menentu. Biasanya pergerakan untuk pair-pair tersebut akan selalu membentuk trend dan mengesampingkan posisi pembalikan trend.

Berdasarkan News
Hampir seluruh pair mayor memiliki news untuk mendorong terjadinya pergerakan dan volatilitas. Namun yang paling sering dan umum adalah news dari USD, EUR, GBP, AUD dan JPY. Sedangkan news untuk mata uang lain hanya berpengaruh kecil. Untuk itu, trading pada saat terjadi news pada pair akan dapat diandalkan dalam memperoleh profit yang berlipat ganda.

Gunakan salah satu pair yang Anda minati dan bisa dianalisa untuk melakukan transaksi. Ketika pergerakan harga meningkat, volalititas harga akan turut membesar. Di sinilah peluang profit terbuka lebar. Trading-lah sesuai kemampuan untuk manfaatkan peluang sesuai harapan Anda.

Dari ketiga cara tersebut, dapat kita simpulkan bahwa pemilihan pair yang bisa memberikan peluang besar dalam memperoleh profit merupakan langkah strategis dalam mengoptimalkan keuntungan. Pemilihan berdasarkan range, volatilitas, dan news akan sangat membantu Anda fokus pada salah satu pair yang paling dianggap menyenangkan, dan nyaman untuk digunakan.

Fokuslah pada salah satu pair yang Anda minati, gunakan untuk trading, dan pahami karakteristik pair tersebut. Mudah-mudahan trading Anda mampu meraih keuntungan yang maksimal.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami