BONDS : ALTERNATIF PERDAGANGAN SELAIN SAHAM & FUTURES

Written by Holis Syaputra, December 04, 2020

Futures and Stocks Trader seharusnya memahami perdagangan bond. Karena,perubahan harga “bond” dan “yield bond” bisa mempengaruhi nilai tukar mata uang, serta berpengaruh kepada komoditi dan index. Dengan mengetahui dasar-dasar bond, trader bisa melakukan analisa pasar berjangka dengan membandingkan pergerakannya terhadap perubahan harga dan yield bond.

Pengertian Bond

Bond berarti surat hutang atau obligasi. Bond adalah suatu pernyataan hutang dari penerbit bond tersebut yang diserahkan kepada pemegang bond beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Pemegang bond adalah kreditor dan penerbit bond adalah peminjam. Besar keuntungan yang akan diperoleh apabila menempatkan dananya pada bond dinyatakan sebagai yield, dan investor harus mempertimbangkan besarnya yield sebelum membeli bond.

Perbedaan Bond dan Saham

Bond dan saham keduanya merupakan surat berharga. Bedanya, pemegang bond hanyalah sebagai pemberi utang kepada perusahaan atau pemerintah, sedangkan pemegang saham adalah orang yang ikut memiliki perusahaan. Bond ada waktu jatuh temponya sedang saham tidak, selain itu keuntungan yang diperoleh dari investasi bond lebih kecil dari kemungkinan profit yang akan diperoleh dari saham, tetapi bond lebih stabil sedang fluktuasi harga saham cenderung tinggi. Investor saham bisa membagi portofolio-nya dengan bond untuk memperkecil resiko.

Bond bisa diterbitkan oleh pemerintah suatu negara (Surat Utang Negara) atau perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun swasta. Bond diperdagangkan dengan persentase nilai nominalnya dan waktu jatuh tempo tertentu. Bond pemerintah (Surat Utang Negara) dianggap lebih aman dan dijual melalui lelang (auction) dimana individu dan bank bisa memberikan penawarannya.

Karakteristik Bond

Bond memiliki beberapa karakteristik yang tentunya harus kita ketahui, diantaranya adalah :

Nilai nominal (face value) : Adalah nilai pokok dari suatu bond yang akan diterima oleh pemegang bond pada saat jatuh tempo.

Kupon (interest rate) : Adalah nilai bunga yang diterima pemegang bond secara berkala, biasanya setiap 3 atau 6 bulan.

Jatuh tempo (maturity) : Adalah tanggal dimana pemegang bond akan mendapatkan pembayaran kembali pokok atau nilai mominalnya. Periode jatuh tempo bond bervariasi mulai dari 365 hari sampai dengan 40 tahun. Secara umum umum, semakin panjang jatuh tempo akan semakin tinggi bunganya.

Harga Bond

Berbeda dengan harga saham yang dinyatakan dalam bentuk mata uang, harga bond dinyatakan dalam persentase dari nilai nominalnya. Ada 3 (tiga) kemungkinan harga pasar dari bond yang ditawarkan, yaitu:

Par : harga bond sama dengan nilai nominal. Misal: bond dengan nilai nominal USD 5,000 dijual pada harga 100%, maka nilai bond tersebut adalah 100% x USD 7,000 = USD 7,000.

At premium (dengan premi): harga bond lebih besar dari nilai nominal. Misal: bond dengan nilai nominal USD 7,000 dijual dengan harga 102%, maka nilai bond adalah 108% x USD 7,000 = USD 7,560.

At discount (dengan discount): harga bond lebih kecil dari nilai nominal. Misal: bond dengan nilai nominal USD 7,000 dijual dengan harga 92%, maka nilai dari bond  adalah 92% x USD 7,000 = USD 6,440.

Yield Bond

Ada 2 istilah dalam penentuan yield atau bagi hasil dari Bond (di saham biasa disebut deviden), yaitu current yield dan yield to maturity, berikut adalah penjelasannya :

Currrent yield adalah yield yang dihitung berdasarkan jumlah kupon yang diterima selama satu tahun terhadap harga bond. Rumusnya: Current yield = (bunga tahunan) / (harga bond)

Yield to maturity (YTM) adalah tingkat pengembalian yang akan diperoleh investor apabila memiliki bond sampai waktu jatuh temponya. Formula YTM agak kompleks dan biasanya istilah yield bond mengacu ke YTM.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Perdagangan BONDS sendiri adalah alternatif yang dapat Anda pilih ketika Market futures dan stock sedang mengalami kemunduran. Misalnya, ketika "equity wave" Anda sedang jelek, Anda bisa memilih BONDS sebagai alternatif perdagangan Anda.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TEKNIK TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

CALL atau WhatsApp ke +62 8788.42.50.484 cari HOLIS

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami