APA ITU EMITEN? YUK BELAJAR DI SINI

Written by Holis Syaputra, December 04, 2020

Hayo! Siapa yang baru saja memulai investasi dan trading saham ? Yuk teman-teman giat belajar, apalagi bagi para pemula yang baru saja memulainya, jangan sampai puas dengan hanya profit seratus atau dua ratus ribu saja ya hehee. Nah, artikel kali inikita akan kupas tuntas mengenai EMITEN!

Lalu, Apa yang Dimaksud dengan Emiten? Apa Manfaatnya? dan Apa yang Menjadi Syarat Ketika Perusahaan Memutuskan Menjadi Emiten?


Emiten adalah pihak atau lembaga yang melakukan penawaran umum, yaitu penawaran efek untuk menjual efek kepada masyarakat yang didasarkan pada tata cara yang telah di atur dalam UU yang berlaku. Atau dapat di katakan emiten adalah pihak yang menawarkan atau menjual efek kepada masyarakat melalui pasar modal. Emiten dapat berupa perusahaan swasta ataupun BUMN, baik perusahaan terbuka maupun perusahaan tertutup. Namun, tidak semua perusahaan merupakan emiten, tetapi hanya perusahaan yang saham atau obligasinya diperjual-belikan di bursa efek.

Adapun Beberapa Efek atau Produk yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia adalah:

  • Saham (Right Issue, Warrant)
  • Obligasi Korporasi
  • Surat Berharga Negara
  • Exchange Traded Fund (ETF)
  • Efek Beragun Aset (EBA)
  • Derivatif (Kontrak Opsi Saham, Kotrak Berjangka)


Banyak yang mengira jika emiten dan perusahaan publik itu sama, padahal keduanya berbeda. Emiten adalah pihak yang menawarkan efek kepada calon pembeli efek (masyarakat umum) dengan peraturan perUndang-Undangan. Sedangkan perusahaan publik adalah PT atau perseroan terbatas yang minimal memiliki modal 3 Milyar dan jumlah sahamnya telah dimiliki setidaknya oleh 300 orang pemegang saham. Suatu perusahaan dapat menjadi emiten bila memenuhi beberapa persyaratan tertentu.

Mengacu Pada Pengertian Emiten, Adapun Syarat-Syarat Emiten adalah Sebagai Berikut:

  • Menerbitkan efek yang akan ditawarkan kepada investor untuk mendapatkan modal.
  • Wajib menjamin efek yang diterbitkannya adalah sah secara hukum. Itulah sebabnya emiten harus memiliki prestasi dan tidak cacat hukum agar dapat menerbitkan efek.
  • Emiten berperan sebagai sumber informasi utama tentang efek yang diperjual-belikan. Dengan begitu, keakuratan informasi dari emiten adalah tanggungjawab emiten yang bersangkutan.

Contoh Perusahaan Emiten
Umumnya Emiten adalah Perseroan Terbatas (PT) yang sahamnya telah diperjual-belikan di Bursah Saham. Adapun Perseroan Terbatas (PT) yang menawarkan sahamnya adalah perusahaan Terbuka, atau biasanya disingkat dengan Tbk. Berikut adalah beberapa contoh EMITEN yang menawarkan efek di Bursa Efek Indonesia.

RECOMENDATION FORM EXPERT:

Kenali istilah-istilah dasar tentang market seperti EMITEN dan pelajarilah lebih dalam beberapa teknik agar Anda bisa memiliki "pintu" cadangan untuk entry maupun exit

JIka Anda ingin mendalami mengenai ilmu trading, silahkan Share artikel ini ke teman Anda dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda

CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami