Portfolio Review

Sesuai dengan brand value kami dimana kenyamanan anda adalah concern utama kami, portfolio review merupakan salah satu fitur andalan. Anda tidak perlu panik atau bingung ketika kondisi market sedang tidak stabil, Astronacci siap sedia membantu client mengelola alokasi dana dalam tradingnya. Portfolio anda dapat segera di review oleh analis kami ataupun langsung dengan Head of Research Astronacci, Gema Goeyardi, CAT, CSA, CFTe.

Portfolio allocation management:

Ketika market sedang hancur atau harga pasar saham sedang mengalami penurunan (loss), tentunya Anda akan bingung menentukan pilihan untuk hold atau cut loss. Apalagi jika loss yang Anda alami cukup banyak. Melalui fitur portfolio review, Anda akan lebih mudah serta terbiasa mengatur portfolio dengan saran dari Astronacci sehingga portfolio Anda dapat memberikan keuntungan optimal bagi investasi Anda.

 

Berikut salah satu contoh portfolio review dari Astronacci:

 

Dear A-CLUB Member,

Kerugian yang saat ini Anda alami tidak signifikan atau masih dalam batas wajar dimana hanya -11.65% dari portfolio(Batas wajar -30%). Beberapa saham yang dimiliki terpaksa harus dianggap sebagai kerugian final terutama yang telah mengalami penurunan hingga 50 Rupiah dan tidak ada transaksi lagi. Sedangkan untuk beberapa saham yang yang di cut loss sebaiknya di cut loss agar bersih. Ada beberapa hal yang diperbaiki agar trading dapat lebih vaik dan berkembang kearah profesional.

Problem di portfolio ini dan cara tradingnya:

Posisi Portfolio Lebih Kurang dari 5 Saham

Dalam membeli saham Saya sarankan untuk memilih 5 Saham saja. Apabila rekomendasi menjadi banyak maka pilihlah 1-2 dari 5 Saham yang tidak jalan lebih dari 5 hari untuk ditukar ke saham lain yang baru direkomendasikan. Terlalu sedikit saham seperti ini tidak efektif dan akan sulit menata resikonya.

Pembagian Alokasi Dana yang Paling Utama

Kesalahan paling fatal dari portfolio ini adalah masuk ke saham dengan pembagian dana tidak sama. Ada saham yang sangat banyak dibeli ada yang terlalu sedikit. Ini sangat berbahaya. Nantinya harus di restrukturisasi agar tidak terlalu acak seperti ini.

Cash Flow adalah yang Paling Utama

Pada saat Anda membeli dan tidak memiliki plan yang jelas atas rencana trading saham, baik profit taking maupun stop lossnya. Kerugian berlarut seperti ini hanya akan menghancurkan portfolio untuk jangka panjang. Kami menyadari bahwa tidak mudah mengambil keputusan cut loss, namun apabila Anda mengerti siklus dan market timing dengan benar maka akan lebih nyaman dalam menentukan keputusan dan investasi saham Anda. Percayalah bahwa stop loss dan pidah ke saham lain itu artinya Anda memutuskan belenggu rugi dan membuka peluang baru. Memang harus dilatih tapi apabila Anda mau berkomitmen kami bisa secara intens memandu Anda.

Skill Trading diperlukan

Hanya mengikuti rekomendasi tanpa adanya kemampuan trading dan fokus tidak akan menghasilkan apa-apa. Astronacci dapat menghantarkan rekomendasi dengan akurasi 60-75% tetapi untuk menjadikannya profit konsisten Anda harus memiliki kemampuan trading. Apabila ingin meningkatkan skill harus belajar dengan lebih intens.


REVIEW SAHAM

Saham-saham Berwarna Merah

Saham-saham yang berwarna hitam merupakan saham-saham yang masuk dalam kategori tidak ada harapan naik ke modal dalam waktu 3 tahun karena bisnis perusahaan dan menagement perusahaaan. Saham-saham ini harus diterima kerugiannya dengan lakukan cut loss agar tidak berkepanjangan atau hold selama minimal 3 tahun.

Saham-saham Berwarna Kuning

Saham-saham ini tidak lagi dalam kondisi baik tetapi masih dapat kembali pulih seperti ELSA, INDF, dan ASRI. Waktu yang diperlukan adalah 2 bulan. Persiapkan cut loss untuk INDF dan ELSA dimana kedua saham ini berpeluang gagal bulish apabila hingga awal Desember tidak mengalami penguatan signifikan.

Saham-saham Berwarna Hijau

Hold saham-saham ini hingga profit target Astronacci tercapai. Saham yang berwarna hijau akan baik hingga 3 bulan kedepan. Dana hasil cut loss dapat digunakan untuk membeli kembali saham-saham berwarna hijau.


People Also Read


A Member Of

INDONESIA TECHNICAL ANALYST ASSOCIATION

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]