YUK MULAI INVESTASI SEBELUM TERLAMBAT

Written by Karlina, November 19, 2020

Hayo Siapa yang Belum Berinvestasi? hehehe.... 

Bagi kebanyakan masyarakat, kata investasi tentu tidak asing lagi. Bisa jadi setiap hari kita menemui kata tersebut di berita, televisi, radio, maupun internet. Banyak bisnis investasi yang dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tentu semuanya bertujuan untuk mendapatkan nilai tambah atau keuntungan di kemudian hari. Sebetulnya investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Menarik kan ?

Jadi jika ingin diarktikan secara general, investasi adalah suatu kegiatan dalam menempatkan dana atau modal anda pada aset produktif dengan harapan mendapatkan profit dari pertumbuhan nilai aset tersebut, dalam jangka waktu tertentu entah itu jangka panjang, menengah atau pendek.

YUK BAHAS JENIS INVESTASI 

Emas atau Logam Mulia

Investasi emas atau logam mulia mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu jenis yang sangat klasik. Investasi ini telah populer dikalangan masyarakat Asia dari zaman dahulu hingga sekarang. Emas biasanya akan mengalami kenaikan harga sebagai respons terhadap kejadian-kejadian tertentu yang menyebabkan nilai paper investment, seperti saham dan obligasi, menurun.

Properti

Memiliki fungsi yang serupa dengan nilai properti umumnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini seringkali membuat properti menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang yang populer. Namun perlu diketahui bahwa selain keuntungan, kerugian melakukan investasi properti juga terlihat sangat mencolok. Salah satunya adalah dimana Anda akan mengeluarkan biaya yang tinggi, dan membutuhkan banyak uang untuk membeli sebuah properti.

Saham

Investasi saham dapat dikatakan sebagai jenis investasi yang paling terkenal. Investasi saham biasanya berupa bentuk kepemilikan sebuah perusahaan. Bila Anda memiliki saham di perusahaan, maka Anda berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang didapatkan. Investasi saham cenderung menawarkan hasil yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Akan tetapi, saham akan bersifat high risk, high return. Investasi jenis ini berisiko tinggi untuk dijalankan, harga saham dapat naik dan turun sangat drastic dalam jangka waktu yang cepat.

PERTIMBANGKAN HAL INI DALAM BERINVESTASI 

Harus ada unsur ketersediaan dana (aset). Dalam berinvestasi, kita harus menyesuaikan kemampuan finansial kita sendiri. Jangan memaksakan diri untuk menanamkan modal kepada suatu bisnis yang jumlahnya di luar kemampuan kita. Seperti yang telah dijelaskan di atas, selalu pertimbangkan iesiko apabila kondisi usaha yang kita tanami modal tidak sesuai dengan prediksi awal.
 

Miliki komitmen mengikatkan dana tersebut pada obyek investasi untuk beberapa periode di masa mendatang. Sebelum Anda berinvestasi, pastikan Anda memiliki cukup dana untuk kebutuhan sehari-hari tanpa mengotak-atik dana investasi tersebut. Tentukan jangka waktu yang Anda mampu, apakah 3 bulan, 6 bulan, atau jangka panjang hingga tahunan. Walaupun ada investasi dengan likuiditas tinggi seperti emas yang bisa Anda cairkan sewaktu-waktu, tapi tentu saja keuntungannya akan berbeda dari investasi dengan jangka yang lebih panjang.
 

Pertimbangkan risiko yang sanggup Anda tanggung. Setiap jenis investasi memiliki tingkat keuntungan dan resikonya masing-masing. Apabila menginginkan keuntungan tinggi, risiko yang ditanggung juga akan besar. Sebaliknya, investasi dengan tingkat keuntungan rendah akan lebih sedikit pula risikonya. Waspadai oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menawarkan investasi dengan keuntungan yang terlalu besar. Bukannya mendapat keuntungan, hal itu biasanya malah membuat kita terjebak dalam skema penipuan.

Nah, Penting sekali manfaatnya jika anda melakukan investasi. Hal ini sudah jelas bertujuan untuk meraih profit dan saving money anda di masa depan, selain itu disaat Anda melakukan investasi maka Anda juga secara tidak langsung turut membantu dalam perkembangan dunia UKM di Indonesia.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami