TIPS BELAJAR TRADING TANPA AKUN DEMO

Written by Hadi Jumaidi, December 03, 2020

Belajar trading tanpa akun demo lebih dulu? Apakah bisa? Mungkin hal ini terdengar nekat memang. Bahkan mungkin, jika Anda menyampaikan pemikiran Anda untuk melewati tahapan akun demo ini pada trader senior, bisa jadi Anda bakal mendapat larangan keras. Jika belajar trading diumpamakan seperti belajar bersepeda, maka akun demo adalah sepeda dengan roda bantu, sedangkan akun real adalah sepeda roda dua. Bisakah seseorang belajar bersepeda langsung menggunakan sepeda roda dua tanpa menjalani masa bersepeda dengan roda bantu? Jawabnya, bisa saja, bukan? Begitupula dengan belajar trading tanpa akun demo, masih mungkin dilakukan meski banyak yang tidak menyarankan.

Alasan Newbie Trader Tidak Suka Akun Demo

Pilihan seseorang untuk belajar trading tanpa akun demo lebih dulu adalah hal yang relatif personal, tapi cukup masuk akal. Alasannya antara lain:

Akun demo dianggap sebagai strategi marketing broker belaka. Tujuan broker menyediakan akun demo adalah agar orang-orang bisa belajar trading lalu tertarik mencobanya di akun real, apalagi jika di akun demo sering profit. Sehingga orang akan berpikir,"Oh, 'segampang' ini ternyata," kemudian mereka pun mendaftar. Akun demo memang berfungsi sebagai simulasi trading; Dan menurut sebagian orang, broker sengaja merancangnya agar lebih mudah menghasilkan profit, sehingga menyenangkan psikis seseorang. Namun, begitu terjun dengan akun real, kenyataannya tak semudah di akun demo.

Akun demo dianggap hanya membuat orang bisa trading, namun tidak membentuk mental trading yang sesungguhnya, karena bertrading di akun demo lebih mudah dan tidak ada risiko, dalam arti tidak ada uang sungguhan yang hilang apabila loss. Fokus trader di akun demo cenderung hanya pada profit dan loss, namun tidak memiliki kesempatan untuk belajar mengatur emosi.

Modal trading di akun demo lebih besar daripada yang biasanya dipergunakan dalam real trading. Hal ini dianggap tidak realistis sehingga akan menyusahkan seseorang dalam money management di kemudian harinya saat ia sudah menggunakan real account. Serta, Profit di akun demo tidak dapat dicairkan, sehingga sifatnya hanya untuk main-main saja.

Tips-tips untuk Trading tanpa Melalui Akun Demo

Terlepas dari alasan-alasan umum tersebut, harap jangan salah paham! Janganlah Anda yang sedang berlatih dengan akun demo kemudian merasa "cemen" lalu buru-buru masuk ke akun real dengan menyiapkan dana besar-besaran. Orang yang lebih memilih untuk melewatkan akun demo bukan lantas menjadi orang yang berani. Trading, utamanya untuk yang akan menjadikannya sebagai lahan penghasilan, memang harus penuh perhitungan. Namun jangan pula merasa terlalu puas dengan prestasi yang Anda raih di akun demo, sehingga merasa jemawa saat memasuki akun live. Apabila tujuan akhir Anda adalah untuk konsisten menjadi trader dan menghasilkan uang sungguhan, maka tak perlu terlalu berlama-lama di akun demo atau lewatkan akun demo dengan mempraktikkan tips-tips berikut ini:

Pergunakan Dana yang dikhususkan untuk belajar trading menggunakan akun live. Artinya, dana itu jangan terlalu besar karena akan menjadi dana yang siap hilang. Tidak ada yang gratis di dunia ini bahkan untuk belajar sekalipun, anggap saja sebagai modal untuk memulai usaha. Solusinya, pakai akun trading dengan ukuran kecil dan hanya menuntut modal kecil, seperti akun Cent dan akun Mikro.

Aturlah persentase risiko yang siap diterima. Mulailah trading dengan risiko loss dalam nominal terkecil, karena trader pemula masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan platform tradingnya. Jika sudah percaya diri dengan akun berdana kecil itu, perlahan-lahan naikkan risiko dan sesuaikan dengan kemampuan trading Anda.

Siapkan mental untuk menderita kerugian. Trading dengan akun live melibatkan uang sungguhan sehingga trader akan merasakan naik turunnya emosi secara siginifikan. Tetap tenang, karena di sinilah mental trader Anda ditempa.

Buat rencana trading dan tetap konsisten pada rencana trading tersebut. Jangan menjadikan frekuensi masuk pasar sebagai parameter keberhasilan trading, namun akumulasi hasil trading dalam jangka panjanglah yang menentukan.

Gunakan metode trading yang paling sederhana, terutama yang terasa paling mudah Anda pahami. Niall Fuller menyarankan untuk mencoba metode price action, namun tak masalah jika Anda sudah menguasai metode lain.

Anda memang bisa belajar trading tanpa akun demo. Namun, tidak perlu terlalu gengsi dengan benar-benar "anti" menggunakan akun demo. Nial Fuller mengatakan, seorang trader memang tak bisa sepenuhnya melewatkan akun demo, mereka tetap membutuhkannya untuk mencoba-coba strategi paling tidak selama dua atau tiga bulan, tapi ingat, jangan terlena, ya! Tetap segerakan untuk terjun ke akun real dan terapkan tips di atas. Semoga berhasil!

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Jadi, Anda tidak harus melewati Akun Demo untuk trading di akun REAL. Tapi, harus Anda pahami ketika bertrading di akun real uang yang Anda gunakan adalah uang asli sehingga Anda harus berhati-hati dalam setiap tindakan yang Anda ambil.

Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

CALL atau Whatsapp ke +62 838.96.96.96.39 dan cari HADI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami