MEMILIH SAHAM YANG BERKUALITAS? PERHATIKAN HAL BERIKUT!

Story by: Hanna Dalimunthe
Published: March 18, 2019
Viewed 136 times

Hanna is a passionate advisor who guides trader in Indonesian stocks market. She spent number of years for UOB Kayhian Premiere as a trading advisor. She will make you fully committed and transform you into a credible trader in the financial market.

Story by: Hanna Dalimunthe
Published: March 18, 2019
Viewed 136 times

Hanna is a passionate advisor who guides trader in Indonesian stocks market. She spent number of years for UOB Kayhian Premiere as a trading advisor. She will make you fully committed and transform you into a credible trader in the financial market.


MEMILIH SAHAM YANG BERKUALITAS? PERHATIKAN HAL BERIKUT!

Bagaimana cara-cara terbaik dalam memilih saham berkualitas? Lalu,bagaimana cara melihat emiten yang berkualitas? Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti sering ada di pikiran trader yang baru atau setiap trader yang mempunyai pengalaman dan berpartisipasi di pasar saham. Artikel ini akan membahas bagaimana Anda sebagai seorang trader dalam memilih saham yang berkualitas dan layak untuk Anda koleksi!

 

  1. Melihat Kapitalisasi



    Langkah pertama adalah mencari tahu seberapa besar emiten itu. Jangan hanya mengandalkan intuisi Anda saja. Yang penting disini adalah memeriksa kapitalisasi pasar emiten. Kapitalisasi pasar bisa memberikan informasi terkait seberapa tinggi volatilitas harga saham, seberapa besar kepemilikan publik di emiten tersebut, serta potensi perusahaan ke depan. Misalnya, perusahan berkapitalisasi besar dan super besar cenderung memiliki aliran penerimaan lebih stabil dan volatilitas lebih rendah. Perusahaan mid-cap dan small-cap, di sisi lain, bisa jadi hanya melayani satu segmen pasar saja dan karenanya mengalami lebih banyak fluktuasi dalam hal harga saham dan pendapatan. Tentu saja, kita belum bisa mengambil keputusan hanya dari langkah pertama ini saja. Ini baru langkah pertama bagi penyelidikan lebih lanjut. Ketika Anda mulai menelaah angka-angka penerimaan dan profit, misalnya, data kapitalisasi pasar akan memberikan sejumlah perspektif. Anda juga harus mengkonfirmasi fakta-fakta penting lainnya dalam pengecekan ini.
     
  2. Cari Detail Tren Pendapatan, Profit & Margin



    Saat menengok angka-angka dalam laporan keuangan perusahaan, bisa jadi lebih baik diawali dengan melihat tren pendapatan, profit, dan margin (RPM). Lihatlah tren pendapatan (revenue) dan net income selama dua tahun terakhir. Semua itu akan berhubungan dengan laporan kuartalan (dalam 12 bulan terakhir) dan laporan tahunan (tiga tahun terakhir). Selanjutnya, pengecekan singkat bisa dilakukan untuk mengetahui rasio price-to-sales (P/S) dan rasio price-to-earnings (P/E). Perhatikan tren terbaru pada kedua set data, apakah pertumbuhannya fluktuatif atau konsisten, atau apakah terjadi perubahan besar (lebih dari 50% dalam setahun) ke arah atas maupun bawah. Margin juga harus diperiksa untuk melihat apakah tren-nya secara umum naik, turun, atau tetap sama saja. Informasi ini akan berperan penting pada langkah selanjutnya.
     
  3. Harus Tahu Kondisi Emiten dengan Sektor yang Sama & Industrinya



    Setelah Anda mendapatkan gambaran tentang seberapa besar perusahaan dan berapa banyak pendapatannya, maka langkah berikutnya adalah membandingkannya dengan industri dimana perusahaan itu berada dan dengan pesaing-pesaingnya. Sebagian deskripsi sebuah perusahaan bisa dilihat dari dengan siapa ia bersaing. Dengan melihat siapa saja pesaing terbesar di setiap lini bisnis, Anda bisa mengukur seberapa besar pangsa pasar keseluruhan bagi produk-produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Informasi tentang pesaing bisa ditemukan bersama profil-profil perusahaan di daftar emiten dalam satu sektor. Jika Anda masih kurang yakin, maka Anda bisa melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan meriset beberapa emiten yang besar.
     
  4. Melihat Penilaian Rasio



    Setelah semua informasi diatas terkumpul, berikutnya adalah giliran menghitung Price Earnings Ratio (P/E) dan sejenisnya bagi perusahaan yang sedang Anda teliti dan perusahaan di sektor yang sama. Catatlah apabila ada kesenjangan yang cukup besar antar perusahaan di lini yang sama untuk dicermati lagi. Rasio P/E bisa membentuk basis awal dalam penilaian di tahap keempat ini. Perlu juga untuk diperhatikan angka net earnings selama beberapa tahun untuk memastikan angkanya normal dan tidak melejit karena mengalami perubahan drastis tertentu. Rasio P/E juga perlu diamati sembari membandingkannya dengan Rasio PBV (price-to-book-ratio) serta rasio dari perusahaan-perusahaan lain dalam satu industri. Karena kisaran angka rasio bisa berbeda antara satu industri dengan industri yang lain, maka penting untuk memantau angka rasio dari beberapa pesaing dalam industri yang sama. Terakhir, kalkulasi Rasio PEG (price/earnings to growth ratio) akan memperlihatkan juga ekspektasi pertumbuhan earnings di masa depan dan membandingkanya dengan kondisi earnings saat ini. Saham dengan rasio PEG mendekati 1 biasanya dinilai cukup bernilai dalam kondisi pasar normal.
     
  5. Mengetahui Kepemilikan Saham & Manajemen



    Apakah perusahaan yang Anda incar masih dijalankan oleh para pendirinya, ataukah manajemen perusahaan sudah digerakkan oleh orang-orang baru? Di perusahaan yang masih baru berdiri, biasanya pendiri atau rekan-rekannya masih memiliki posisi dalam perusahaan. Amati biodata tokoh-tokoh kunci perusahaan untuk melihat seberapa luas pengalaman mereka. Periksa juga untuk memantau apakah para pendiri dan manajer memegang banyak saham, dan berapa banyak. Anggaplah kepemilikan saham oleh manajemen teras perusahaan sebagai sesuatu yang positif, dan apabila kepemilikan itu rendah sebagai kemungkinan adanya masalah. Ini karena pemegang saham biasanya akan lebih dipedulikan apabila orang-orang yang menjalankan perusahaan juga memiliki kepentingan akan performa saham.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Tetap berpegang pada sistem trading dan disiplin menjalankan strategi dengan rencana yang telah dibuat, TERAPKAN STEP-STEP INI DALAM MEMILIH SAHAM BERKUALITAS.
  • Pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di +62 838.96.96.96.39
click
click

Connect With Us:

Solutions

A Member Of

INDONESIA TECHNICAL ANALYST ASSOCIATION

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]