REKAM JEJAK PASAR MODAL DI INDONESIA

Written by Hanna Dalimunthe, December 01, 2020

Secara umum, pengertian Earning per share (EPS) atau laba per saham adalah laba bersih yang dihasilkan per saham yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Laba bersih per saham sendiri merupakan jumlah pendapatan yang di peroleh dalam satu periode untuk setiap lembar saham yang beredar, dan akan di pakai oleh pimpinan perusahaan untuk menentukan besarnya dividen yang akan di bagikan. 




Lebih jelasnya laba per saham bisa dikatakan sebagai ukuran profitabilitas yang sangat berguna dan apabila dibandingkan dengan Laba per Saham pada perusahaan sejenisnya, Laba per Saham ini akan memberikan suatu gambaran yang sangat jelas tentang  kekuatan profitabilitas antara perusahaan yang bersangkutan dengan perusahaan pembandingnya. Perlu diketahui bahwa perusahaan pembandingnya harus merupakan perusahaan yang bergerak di jenis industri yang sama. Earning per Share atau EPS ini apabila dihitung selama beberapa tahun, maka akan menunjukan apakah profitabilitas perusahaan tersebut semakin membaik atau malah semakin memburuk. Investor biasanya akan menginvestasikan dananya pada perusahaan yang Laba per Sahamnya yang terus meningkat.

Lalu mengapa kamu perlu mengetahui rasio EPS? kamu perlu mengetahui EPS untuk melihat seberapa besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan per lembar saham karena Jika EPS meningkat maka keuntungan yang di peroleh investor per lembar sahamnya semakin besar, dan begitu juga sebaliknya, jika EPS menurun maka keuntungan yang di peroleh investor per lembar sahamnya semakin kecil. Variabel EPS merupakan proxy laba per saham perusahaan yang diharapkan dapat memberikan gambaran bagi investor mengenai bagian keuntungan yang dapat diperoleh dalam suatu periode keuntungan yang dapat diperoleh dalam suatu periode tertentu dengan memiliki suatu saham. Penjelasan di bawah ini akan memberikan gambaran yang lebih detail mengenai kegunaan EPS dan mengapa seorang investor saham perlu mengetahui dan mempelajarinya: 

1. Seorang investor membeli dan mempertahankan saham suatu perusahaan dengan harapan akan memperoleh deviden atau capital gain. Laba biasanya menjadi dasar penentuan pembayaran deviden dan kenaikan nilai saham di masa mendatang. Oleh karena itu, para pemegang saham biasanya tertarik dengan angka EPS yang dilaporkan perusahaan. EPS atau lembar per saham adalah tingkat keuntungan bersih untuk tiap lembar sahamnya yang mampu diraih perusahaan pada saat menjalankan operasinya (Young, 2009).

2. Laba per lembar saham diperoleh dari laba yang tersedia bagi pemegang saham biasa dibagi dengan rata-rata saham biasa yang beredar. EPS merupakan hasil atau pendapatan yang akan diterima oleh pemegang saham untuk setiap lembar saham yang dimilikinya atas keikutsertaannya dalam perusahaan. EPS biasanya merupakan indikator laba yang diperhatikan oleh para investor yang umumnya terhadap korelasi yang kuat antara pertumbuhan laba dan pertumbuhan return saham.



 

3. Jumlah pendapatan yang tersedia bagi pemegang saham adalah pendapatan bersih setelah dikurangi pajak pedapatan. Pendapatan bersih ini setelah dikurangi dengan deviden dan hak-hak lainnya untuk pemegang saham biasa. Dengan cara membagi jumlah pendapatan yang tersedia untuk pemegang saham biasa dengan jumlah lembar saham biasa yang beredar maka akan diketahui jumlah lembar pendapatan untuk setiap lembar saham tersebut. (Young, 2009)


 

4. Pendapatan per saham (EPS) perusahaan biasanya menjadi perhatian pemegang saham pada umumnya atau calon pemegang saham dan manajemen. EPS menunjukkan jumlah uang yang dihasilkan (return) dari setiap lembar saham. Semakin besar nilai EPS, semakin besar keuntungan (return) yang diterima pemegang saham (Ridwan dan Inge Barlian, 2009).

Jadi, Laba bersih per saham sendiri merupakan jumlah pendapatan yang di peroleh dalam satu periode untuk setiap lembar saham yang beredar, dan akan di pakai oleh pimpinan perusahaan untuk menentukan besarnya dividen yang akan di bagikan

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

EPS atau laba persaham merupakan salah satu indikator penting untuk menilai kinerja perusahaan. Penyebab kenaikan atau penurunan nilai EPS sangat bergantung pada laba perusahaan. Kombinasikan EPS ini dengan tools fundamental lainya seperti price earning ratio dan lainya. Temukan tools fundamental di software UTRADE yang dapat didownload DISINI

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di +62 838.96.96.96.39

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami