PROFIT SAAT NFP? KINI BISA ANDA LAKUKAN!

Story by: Holis Syaputra
Published: May 11, 2019
Viewed 150 times

Story by: Holis Syaputra
Published: May 11, 2019
Viewed 150 times


PROFIT SAAT NFP? KINI BISA ANDA LAKUKAN!

NFP atau Non Farm Payroll merupakan event paling terkenal untuk trading dengan mengandalkan berita. Banyak trader yang sudah merasakan profit ratusan pips dari data Non Farm Payroll tersebut, namun masih ada pula trader yang bertanya-tanya apakah strategi trading futures terbaik ketika NFP rilis?  Kali ini saya akan membahas seperti apa Strategi trading saat NFP?

Trading saat NFP baiknya menggunakan chart di Timeframe M15 dan M30, karena ada potensi volatilitas mengalami penyusutan di awal. Di sisi lain trader masih punya kesempatan untuk mencari peluang yang berpotensi saat para pelaku pasar tengah mempertimbangkan apakah mereka hendak melakukan sell atau buy ketika NFP baru saja rilis. Trend yang paling mungkin terjadi setelah adanya lonjakan di awal yaitu trend berusaha diraih oleh melalui settingan strategi trading NFP. Strategi ini biasanya dipakai untuk pair EUR/USD dan juga XAU/USD (GOLD), tetapi tidak sedikit trader yang menggunakan strategi ini untuk GBP/USD mengingat pair tersebut punya daily range lebih besar ketimbang pair EUR/USD. Dan mereka mengatakan strategi ini jauh lebih berpotensi. 
 

RULES STRATEGI TRADING NFP


Ada beberapa aturan main yang perlu Anda pahami. Sangat di anjurkan untuk mematuhi rules tersebut supaya hasil trading Anda maksimal.

  1. 15 Menit setelah data non farm payroll rilis, tetap tenang dan jangan ambil posisi trading mana pun. Pada umumnya ada candle besar yang muncul pada pukul 8.30 – 8.45 AM EST, namun abaikan saja candle tersebut.
  2. Tunggulah sampai ada inside bar muncul. Inside bar yang dimaksud yaitu candle 15 menit yang mana terdapat
  3. level high serta level low yang keseluruhannya terdapat di area candle sebelumnya. Ada candle dengan ukuran besar yang kemudian di ikuti oleh kehadiran inside bar. Namun inside bar tidak harus selalu mengikuti kemunculan candle besar. Hal tersebut tergantung pada volatilitas dan seberapa kuat dorongan di awal. Trader tetap harus menanti kedatangan inside bar hingga beberapa candle bermunculan. Inside bar yang ditunggu juga tidak harus ada setelah candle besar muncul, yang terpenting ada inside bar yang terlihat.
  4. Pada strategi ini, Level high serta level low yang terdapat pada inside bar dijadikan sebagai pendorong. Ketika harga naik di atas level high inside bar, segera buka posisi buy, namun jika sebaliknya buka posisi sell.
  5. Letakan stop loss sebanyak 30 pip posisi awalnya, atau bisa juga di tempatkan di area level low (bawah) ketika hendak membuka posisi buy. Akan tetapi stop loss sebaiknya tidak melewati dari 30 pips.

Jika sudah 4 jam masuk posisi, segera keluar posisi. Jadi sesaat setelah dimulai, trend akan terus berjalan selama kurang lebih 4 jam. Katakanlah Anda masuk posisi pada pukul 10:00 AM, berarti keluar posisinya sekitar pukul 14:00 PM, namun pada pukul 2:45 PM usahakan Anda harus sudah keluar posisi setelah ada on Farm Payroll ini. Hal tersebut dikarenakan ada faktor lain yang bisa berpengaruh besar terhadap harga. Semenetara dampak NFP nya sendiri sudah hilang. Sangat tidak di sarankan untuk membuka posisi lebih dari 2 kali setelah NFP karena seringkali harga bergerak sangat acak (choppy). Supaya profit Anda tidak menghilang apabila ada trend yang berbalik arah, ada baiknya memakai trailing stop. Untuk trailing stop tidak di wajibkan, karena pada dasarnya penggunaan trailing stop ini hanya untuk pengaman profit saja.
 

SARAN BAGI YANG HENDAK MENGGUNAKAN STRATEGI INI
 


Strategi trading NFP ini memang cukup handal, namun hal tersebut tetap tidak bisa menjamin sepenuhnya akan profit. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Ketika Anda melihat pergerakan XAU/USD yang terlihat pasif setelah rilis NFP, hal tersebut menandakan non event. Lebih baik strategi ini tidak Anda gunakan. Bagusnya, ada pergerakan kurang lebih sekitar 50 pips setelah data rilis. Jadi kita bisa tahu jika terjadi pergerakan harga oleh para pelaku pasar.
  2. Strategi ini bisa digunakan untuk berita lainnya, jadi tidak berfokus pada NFP saja.
  3. Terakhir, sangat disarankan untuk tidak membuka posisi trading sebelum berita rilis. jangan berasumsi kemana pasar akan melakukan pergerakan, Sekalipun perkiraan Anda tepat, tapi bisa saja terjadi slippage yang cukup ekstrim tentu hal ini akan menjadi bumerang untuk Anda.

Itulah bahasan teknik trading futures saat NFP terjadi,untuk menerapkan strategi ini memang harus tunggu berita rilis terlebih dahulu, kecuali Anda menggunakannya dengan periode waktu lampau. Uji strategi ini di demo acocunt dan lihat berapa profit yang berhasil Anda dapatkan.



RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Mendekati waktu dan setelah data NFP dirilis, pasar keuangan seketika menunjukkan berbagai macam reaksi,  Sebagai salah satu event populer untuk News Trading, ada berbagai strategi trading NFP (Non Farm Payroll) yang dijalankan oleh trader. Anda juga bisa meraih profit  pada saat NFP dengan mengikuti RULES dan REKOMENDASI yang bisa anda dapatkan bersama A-CLUB, join A-CLUB dan nikmati berbagai fasilitas untuk trading anda.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk berdiskusi tentang Non Farm Payroll.
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di +62 838.96.96.96.39
click
click

Connect With Us:

Solutions

A Member Of

INDONESIA TECHNICAL ANALYST ASSOCIATION

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]