PENTINGNYA MEMAHAMI TEORI DASAR TRADING BAGI TRADER SAHAM

Story by: Karlina Armady
Published: January 03, 2020
Viewed 176 times

Karlina is a Senior Trading Advisor who has more than 5 years experience in financial trading. She also manage the famous CAT certification program Institute as school principal. She is here to inspire you with great stories and motivations.

Story by: Karlina Armady
Published: January 03, 2020
Viewed 176 times

Karlina is a Senior Trading Advisor who has more than 5 years experience in financial trading. She also manage the famous CAT certification program Institute as school principal. She is here to inspire you with great stories and motivations.


PENTINGNYA MEMAHAMI TEORI DASAR TRADING BAGI TRADER SAHAM

Banyak rekan-rekan sesama trader dan investor saya berpendapat, tidak perlu terlalu banyak teori dalam bertrading; yang paling penting itu sebenarnya adalah terus coba, coba dan coba pengalaman adalah guru terbaik untuk para trader dan investor di pasar modal. Lama-kelamaan, kita juga pasti akan bisa merasakan manfaatnya, seperti posisi mana yang harus diambil, kapan waktunya masuk dan keluar market, dan sebagainya. Tetapi, banyak juga rekan trader lain berpendapat sebaliknya. Untuk bisa menjadi trader yang baik, seharusnya mengerti dasar-dasar teori trading plus pemahaman yang baik atas indikator-indikator yang digunakan. Nah, jadi apa yang harus saya lakukan? Jadi hanya dibutuhkan pengalaman atau perlu juga untuk mengetahui teori-teori rumit dalam trading? Berikut adalah pembahasannya!

Pemahaman dasar Teori

Menurut pengalaman anda bagaimana? Apakah anda sendiri termasuk trader yang mengandalkan keberanian plus kenekatan saat bertrading? Apakah memang kita tidak perlu memahami indikator dan bisa bertrading hanya dengan mengandalkan perasaan saja? Jujur, saya sendiri pada awal mulanya termasuk yang meremehkan segala macam teori dalam trading. Simple aja sih pemikiran yang terlintas di benak saya waktu itu, lah kan cuma menebak arah, naik atau turun kan? Gampang! Yah, mungkin karena menganggap gampang itu lah, akhirnya memang gampang juga nyangkut. Baru deh setelah nyangkut di market, saya mulai menyadari perlunya memahami setidaknya teori dasar untuk bertrading dengan baik. Berdasarkan pada pengalaman trading tanpa tahu dasar teori sama sekali, maka saya mulai banting setir untuk mulai memahami apa itu indikator, tools, dan yang paling penting adalah money management.

Banyaknya Teori yang Harus dikuasai

Saya mulai terobsesi untuk memahami teori dasar trading ditambah berusaha memahami sebanyak mungkin indikator teknikal maupun sistem trading. Bahkan saya juga sempat mempelajari tentang analisa fundamental. Kalau suatu saat ada teman-teman trader yang membicarakan sistem trading atau indikator yang saya belum pernah dengar, maka saya akan segera mencari tahu dan mencoba memahaminya. Kalau perlu, kegiatan bertrading pun saya hentikan dulu sementara, ganti dengan googling sana-sini plus nanya sana-sini maupun mengubah trading sistem. Tapi, saya justru makin sering nyangkut. Seringnya loss dan nyangkut justru membuat saya terpacu untuk semakin berusaha lebih keras untuk mencari tahu apa yang salah dari sistem yang saya kembangkan. Yah, sebenarnya sih dasarnya penasaran saja. Soalnya, ya di trading ini saya benar-benar kena batunya. Biasanya, saya merasa sebagai fast learner dalam bidang apapun. Eh, kok di trading ini saya ngerasa nggak ada apa-apanya banget deh. Trading ternyata tidak segampang yang saya kira sebelumnya, tapi juga sebenernya nggak serumit yang saya duga. Akhirnya saya menyadari, kebanyakan teori juga sangat tidak bagus. karena kita akan kebingungan dan terlalu lama untuk mengambil keputusan saat trading. Jadi, cukup 1-3 teori saja yang dikuasai dengan benar2 mendalam dan praktekkan teori itu dalam trading Anda secara berulang-ulang.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi, Setiap trader harus memiliki pengetahuan tentang teori dasar trading dan cukup membatasi dengan 1-3 teori tersebut sehingga efektif diperlukan dalam trading.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading saham Indonesia secara  lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari LINA silahkan hubungi di SINI
click
click

Connect With Us:

Butuh Konsultasi

Hubungi Kami