MENGENAL “PENGGERAK” TREND DI MARKET

Written by Karlina, November 19, 2020

Trend adalah sesuatu yang memungkinkan trader untuk bisa membaca pergerakan harga dan mendapatkan keuntungan. Entah itu untuk jangka panjang atau jangka pendek, di dalam pasar yang bergerak satu arah atau di kisaran terbatas, perubahan dari harga yang satu ke harga selanjutnya adalah sesuatu yang menciptakan keuntungan atau kerugian.

Ada empat faktor utama yang akan menyebabkan fluktuasi trend baik itu jangka panjang ataupun jangka pendek. Faktor-faktor itu adalah pemerintah, spekulasi dan ekspektasi, transaksi internasional, serta penawaran dan permintaan.

Pemerintah



Pemerintah memiliki pengaruh yang besar dalam pasar bebas. Kebijakan fiskal dan moneter dari suatu pemerintahan memiliki efek yang signifikan dalam pasar keuangan. Dengan menaikkan dan menurunkan suku bunga pemerintah dan bank sentral bisa secara efektif memperlambat atau berusaha mempercepat pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara. Ini dinamakan kebijakan moneter.

Kebijakan fiskal bisa digunakan untuk mengurangi pengangguran dan atau menstabilkan harga. Bank sentral, dengan kebijakan moneternya juga bisa melakukan upaya dengan menentukan tingkat suku bunga yang berlaku dan jumlah uang beredar di pasar.

Dampaknya :

​Kebijakan pemerintah akan berimbas pada transaksi internasional, yang memainkan peran dalam spekulasi, serta permintaan dan penawaran. Penerbitan berita pemerintah, seperti perubahan dalam kebijakan pengeluaran dan pajak, juga keputusan dari bank sentral untuk mempertahankan atau merubah suku bunga memiliki efek dramatis dalam trend jangka panjang.


Suku bunga dan tingkat pajak yang rendah bisa memicu konsumsi dan pertumbuhan ekonomi. Ini memiliki kecenderungan untuk mendorong harga pasar lebih tinggi, tetapi pasar tidak selalu merespon positif hal ini karena adanya faktor lain yang mungkin turut berpengaruh di sini. Suku bunga dan tingkat pajak yang lebih tinggi, contohnya, mengurangi konsumsi dan menghasilkan kontraksi atau penurunan jangka panjang pada harga pasar.

Dalam jangka pendek, rilisnya kebijakan pemerintah dan bank sentral ke publik bisa menyebabkan fluktuasi besar pada harga seiring dengan trader dan investor melakukan aksi beli dan jual sebagai respon dari informasi tersebut. Meningkatnya aktivitas menjelang pengumuman seperti ini bisa menciptakan trend jangka pendek, sementara itu trend jangka panjang akan mulai terbentuk ketika investor benar-benar telah menangkap dan mencerna bagaimana imbas dari informasi yang diumumkan kepada pasar.
 

Pelaku Pasar

         

Pelaku Pasar adalah bagian tak terpisahkan dari sistem keuangan. Dimana konsumen, investor dan politisi yakin bahwa ekonomi kedepan dihasilkan dari apa yang dilakukan sekarang. Ekspektasi langkah dimasa yang akan datang tergantung dari tindakan saat ini dan membentuk baik trend saat ini dan masa yang akan datang. Indikator sentimen merupakan yang biasa digunakan untuk mengukur bagaimana kelompok-kelompok tertentu merasakan kondisi ekonomi saat ini. Analisis dari indikator ini dan juga bentuk analisa fundamental dan teknikal lainnya bisa menciptakan sebuah ekspektasi dari tingkat harga yang akan datang dan arah trend.

Dampaknya :

Analisa dan posisi yang diambil oleh trader dan investor didasari oleh informasi kebijakan pemerintah dan transaksi internasional akan menciptakan spekulasi kemana harga akan bergerak. Ketika cukup banyak orang setuju mengenai arah tertentu, pasar akan memasuki sebuah trend yang bisa bertahan sendiri bahkan dalam waktu bertahun-tahun. Trend juga dapat tercipta oleh pelaku pasar yang salah dalam analisanya. Mereka yang dipaksa untuk keluar dan melikuidasi kerugiannya dapat mendorong harga bergerak lebih jauh dalam arah tertentu.
 

Transaksi Internasional



Aliran dana antar negara berimbas pada kekuatan ekonomi sebuah negara dan mata uangnya. Semakin banyak uang yang meninggalkan sebuah negara, semakin lemah ekonomi dan mata uang negara tersebut. Negara yang memiliki ekspor lebih dominan, apakah barang dan jasa, secara terus menerus akan membawa uang kedalam negara mereka. Uang ini kemudian bisa diinvestasikan dan bisa menstimulasi pasar keuangan didalam negara tersebut.

Dampaknya :

Karena neraca pembayaran antar negara dan kekuatan ekonomi lebih sulit untuk di analisa dalam basis harian, harga di pasar pun bergejolak dan mereka memiliki peran besar dalam trend jangka panjang di banyak pasar. Pasar valas adalah patokan seberapa baik mata uang sebuah negara dan ekonomi dibanding dengan mata uang negara lain. Tingkat permintaan yang tinggi terhadap sebuah mata uang berarti mata uang tersebut akan menguat terhadap mata uang lainnya.

Nilai dari mata uang sebuah negara juga memainkan sebuah peran apabila pasar lainnya akan berkinerja di negara tersebut. Jika mata uang sebuah negara lemah, hal ini akan mengurangi investasi di negara tersebut, seiring dengan potensi profit yang dikikis oleh lemahnya mata uang.

Penawaran dan Permintaan



Penawaran dan permintaan untuk produk, mata uang dan investasi lainnya menciptakan dinamika tarik-dorong pada harga. Harga dan suku bunga berubah seiring dengan perubahan penawaran dan permintaan. Jika sesuatu pada permintaan dan penawaran mulai melemah, harga akan naik. Jika penawaran naik melebihi permintaan saat ini, harga akan turun. Jika penawaran relatif stabil, harga bisa berfluktuasi naik atau turun seiring dengan perubahan tingkat permintaan.

Dampaknya :

Penawaran dan permintaan mempengaruhi individual, perusahaan dan pasar keuangan secara keseluruhan. Di beberapa pasar, seperti pasar komoditi, penawaran ditentukan oleh jumlah produk fisik. Misalnya penawaran dan permintaan untuk emas secara konstan berubah, menyesuaikan berapa harga yang ingin dibayarkan oleh salah satu pelaku pasar untuk hari ini dan di masa yang akan datang. Ketika penawaran berkurang dan permintaan meningkat, kenaikan jangka panjang pada harga emas bisa terjadi.

Semua pasar memiliki dinamika yang serupa. Pasar saham misalnya, berfluktuasi dalam skala jangka pendek dan panjang dan menciptakan trend. Ancaman penawaran yang berkurang di harga saat ini memaksa pembeli untuk membeli diharga yang tinggi dan lebih tinggi lagi, menciptakan kenaikan harga yang besar. Jika sekelompok besar penjual akan memasuki pasar, hal ini akan meningkatkan tingkat penawaran dari saham yang tersedia dan bisa menekan harga turun. Hal ini terjadi disemua jangka waktu.

Pemerintah, spekulasi atau ekspektasi, transaksi internasional, serta  penawaran dan permintaan terhubung satu sama lain seiring dengan ekspektasi kondisi masa depan membentuk keputusan saat ini yang membentuk trend.

Pemerintah mempengaruhi trend sebagian besar melalui kebijakan fiskal dan moneter. Kebijakan ini mempengaruhi transaksi internasional dimana akhirnya akan mempengaruhi kekuatan ekonomi. Spekulasi dan ekspektasi akan mendorong harga berdasarkan apa yang mungkin akan terjadi di masa depan. Akhirnya, perubahan penawaran dan permintaan akan menciptakan trend seiring dengan banyaknya pelaku pasar berusaha untuk mendapatkan harga terbaik.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami