MEMILIH “ROBOT” UNTUK TRADING? PERHATIKAN HAL BERIKUT!

Written by Hadi Jumaidi, December 03, 2020

Ada ratusan hal yang menyebabkan seorang trader gagal dan bahkan bangkrut. Salah satunya adalah trader yang memasrahkan tradingnya kepada Robot atau Expert Advisor (EA). Parahnya lagi, kebanyakan dari EA tersebut merupakan barang yang didapatkan secara cuma-cuma di internet. Sama seperti trading, dalam memilih Expert Advisor pun sebenarnya diperlukan pengetahuan khusus. Pengetahuan ini penting karena performa Expert Advisor bisa menjadi penentu dari akun trading Anda. Karena itulah, ekstra hati-hati dalam memilih Expert Advisor adalah hal yang wajib Anda lakukan.

File Expert Advisor yang didapat secara gratis tanpa tahu kualitasnya bisa menjadi salah satu senjata mematikan terhadap akun Anda. Apalagi jika Expert Advisor tersebut merupakan edisi keluaran 7 tahun lalu. EA tua tersebut tentu saja sudah tidak lagi cocok dan dapat digunakan lagi, mengingat kondisi  pasar yang terus berubah setiap waktu. Karena itulah, sebaiknya anda menggunakan EA yang paling up-to-date dan teruji secara matang di market. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya mengetahui karakter, strategi, dan memiliki portofolio hasil uji lengkap dengan drawdown EA tersebut dan lain sebagainya.

Lalu sebenarnya, apa saja indikator untuk menentukan kualitas dari EA? Simak beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih Expert Advisor berikut ini:

Performa EA



Performa Expert Advisor untuk futures market sudah harus teruji dalam 2 hal utama. Yang pertama, menganalisa kinerja EA pada kondisi pasar masa lampau atau biasa disebut dengan Backtest. Kedua, analisa kinerja EA saat ini atau lebih sering dikenal dengan Forward Test.

Dalam melihat performa Expert Advisor, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dengan seksama.

a. Tingkat Keuntungan

Tingkat keuntungan merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih EA. Dari tingkat keuntungan, Anda bisa memperhitungkan modal, biaya sewa VPS, dll. Selain itu, tingkat keuntungan juga bisa jadi filter Anda dalam memilih EA, EA dengan tingkat keuntungan hingga ribuan persen dalam waktu singkat tentu sangat mencurigakan. Tujuan dari penyajian ini adalah untuk melihat performa robot trading dalam jangka pendek, menengah, serta keuntungan total yang telah diraih selama ini.

b. Drawdown

Secara sederhana, Drawdown adalah kerugian beruntun (LOSS STREAK) yang dapat terjadi pada sebuah akun trading. Drawdown sendiri sebenarnya terbagi 3, yaitu Absolute Drawdown, Maximal Drawdown, dan Relative Drawdown. Drawdown ini perlu diperhatikan demi menjaga keamanan dana yang dititipkan pada EA. rawdown yang kecil berarti EA sudah menggunakan tingkat money management yang baik dan ketat.

c. Jumlah Trade/Hari

Trades Per Day merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih EA. Biasanya Trades Per Day ini disajikan dalam istilah lain seperti rata-rata trading per bulan, total trading selama periode, dll. Dengan mengetahui hal ini, dapat diamati seberapa sering EA masuk ke dalam market. Jika dalam satu hari EA bisa masuk hingga puluhan kali, Anda patut waspada, karena kemungkinan EA menerapkan prinsip-prinsip seperti Martingale maupun Hammer.
 

Strategi & Fitur EA



Selain performa, dalam memilih Expert Advisor, Anda juga diharuskan untuk mengetahui sekaligus memahami strategi serta fitur yang digunakan EA. Karena dalam pengoperasiannya nanti, Anda sendiri yang harus menjalankan dan memilih fitur apa yang digunakan oleh Expert Advisor tersebut. Kebanyakan pengguna tidak peduli akan hal ini, sehingga menghasilkan salah setting dan performa Expert Advisor-pun jauh lebih buruk dari yang diharapkan.

Selain fitur, strategi yang digunakan oleh Expert Advisor juga merupakan salah satu yang perlu Anda ketahui. Meskipun Anda tidak paham dan belum mengerti benar bagaimana cara trading, Anda harus tetap memiliki fondasi pemahaman dasar tentang bagaimana robot Anda bekerja. Ingat, Anda harus mau belajar lebih karena penggunaan EA dalam trading bisa menentukan perolehan profit maupun loss dalam trading.
 

Review User lain



Last but not least, yang perlu diperhatikan dalam memilih Expert Advisor di futures market adalah review dari user lain. Namun, Anda tetap harus pilih-pilih dalam melihat review orang lain, karena kemungkinan ada review buatan pihak-pihak tertentu yang hanya ingin menjatuhkan suatu produk. Jika dimungkinkan, sebaiknya hubungi langsung suatu pengulas tersebut untuk belajar lebih lanjut

3 Hal diatas adalah poin-poin penting yang menurut saya harus Anda miliki jika ingin menggunakan atau memilih EA sebagai pendamping kegiatan trading Anda. Tapi pada akhirnya, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan teknikal Analisa, karena dengan hal itu kerugian dari memilih EA yang kurang tepat Pun bisa diminimalisir. Anda tetap harus waspada dan berhati-hati, setidaknya dalam memilih Expert Advisor itu. Sebagai contoh, Anda bisa melihat review kami terhadap beberapa Expert Advisor pada halaman berikut ini. Di sana, kami menjelaskan beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam memilih robot.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Jangan gunakan Expert Advisor yang sudah dibuat lebih dari 5 tahun.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

Terus belajar dan jangan menyerah, serta dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere.

Buka akun Anda di MRG Premiere CALL atau whatsapp ke +62 838.96.96.96.39 cari HADI J

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami