MEMAHAMI LEBIH DALAM CRYPTOCURRENCY

Written by Indri Dwi Sapitri, November 25, 2020

Cryptocurrency, pasti Anda pernah mendengar tentang berbisnis menggunakan Bitcoin, pembayaran menggunakan Bitcoin, membeli pulsa dengan Bitcoin, dan lain  sebagainya. Bitcoin itu sendiri adalah salah satu jenis Cryptocurrency. Lalu apakah sebenarnya yang disebut dengan Cryptocurrency?

Pengertian Cryptocurrency



Menurut Bahasa, Cryptocurrency terdiri dari dua kata, yaitu Crypto dan Currency, yang berarti "Mata Uang Rahasia", karena Crypto bersal dari cryptography artinya teknik pengamanan suatu komunikasi dan Currency adalah mata uang. Arti ini sedikit mirip dengan pengertian menurut istilahnya, yaitu "Mata uang yang bersifat digital dan rahasia".

Jadi Cryptocurrency adalah mata uang yang berbentuk digital (digital/virtual currency) dan juga bersifat rahasia. Tentu saja karena berbentuk digital maka tidak ada bentuk fisiknya, kecuali Anda mencairkannya sendiri dalam bentuk emas atau benda lainnya dengan nilai yang sama. Tetapi walaupun tidak berbentuk fisik, mata uang ini tetap mempunyai nilai, seperti agan yang bisa membeli Laptop atau Smartphone dari Apple menggunakan Bitcoin.

Cryptocurrency pertama yang dibuat adalah Bitcoin, makanya Bitcoin yang paling terkenal dimana-mana karena merupakan yang pertama. Bitcoin dibuat oleh seorang "Anonymous" bernama Satoshi Nakamoto. Nah, setelah Bitcoin muncul, akhirnya muncul juga coin - coin lain yang disebut Altcoin (Alternative Coin), seperti Litecoin dan Dogecoin yang didesain untuk melawan monopolisasi Bitcoin di Pasar.
 

Sifat-Sifat Cryptocurrency



Sifat yang membedakan Cryptocurrency dengan uang biasa adalah sifatnya terdesentralisasi dan rahasia. Terdesentralisasi artinya mata uang ini tidak diatur oleh orang/organisasi tertentu, termasuk pembuatnya sendiri. Jadi harganya bisa naik turun, bisa jadi mahal lalu jeblok terjun bebas jadi sangat murah.

Cryptocurrency juga bersifat rahasia, karena berasal dari kata "Crypto". Cryptocurrency menggunakan metode kriptografi untuk mengamankan dan merahasiakan transaksi. Perlu diketahui bahwa banyak penjahat di Deepweb yang bertransaksi menggunakan Cryptocurrency karena memang FBI pun tidak akan tahu seseorang mengirim sejumlah dana ke orang lain untuk membayar sesuatu, jika menggunakan Cryptocurrency.
 

Cara Mendapatkan Cryptocurrency



Cara alami mendapatkan Cryptocurrency yaitu "mining" dengan komputer, tapi arti menambangnya bukan berarti menggali sesuatu. Cara komputer menambang yaitu dengan menyelesaikan logaritma-logaritma tertentu dari transaksi yang terjadi di market crypto. Jadi seperti Anda mengurus transaksi orang lain, kemudian dibayar. Tetapi harus menyiapkan biaya listrik dan harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang baik agar tidak cepat rusak pada saat "mining".

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami