LATIHAN TRADING SEDERHANA BAGI NEWBIE

Written by Indri Dwi Sapitri, November 28, 2020

The Power of "SEDERHANA" yaitu mudah, efektif dan cocok bagi pemula.

Kalau ada latihan trading yang sederhana dan mudah, mengapa harus cari yang sulit-sulit? 

Apakah Anda seorang NEBIE atau Pemula? Jangan khawatir ataupun bimbang untuk terjun dan mendalami dunia financial market ini. Sebagai pemula, mungkin Anda menemui beberapa hambatan. Hal itu wajar. Nah, Pada artikel kali ini akan tentang "LATIHAN TRADING SEDERHANA" dan beberapa point pentingnya meliputi kemudahan, keefektifan dan kecocokan yang bisa anda coba praktekan langsung untuk meningkatkan profit saat trading di futures dengan berbagai hal yang diperdagangkan. Jika anda melakukan latihan  dengan baik, kemungkinan besar protofolio Anda akan sedikit meningkat.

Nah, Apa Saja Latihan Trading Sederhana itu? Yuk Belajar Bersama. 

  • Jangan Membuka Posisi Setiap Saat 


Maksud dari point ini adalah jangan terlalu sering membuka entry perdagangan jika tidak sesuai dengan strategi Anda. Mungkin sebagai seorang scalper Anda diwajibkan membuka entry banyak untuk mendapatkan profit. Namun tentu tidak semua sesi bisa Anda gunakan untuk membuka entry bukan. Tentu ada waktu-waktu tertentu yang sangat ideal untuk membuka posisi. Memang pasar forex aktif dalam 24 jam selama 5 hari seminggu, akan tetapi tidak semua waktu 24 jam tersebut menguntungkan bagi Anda. Ada kalanya spread melebar, pasar bergerak datar dalam range ketat atau harga bergerak dengan volume tinggi ketika ada news dirilis.
 

  • Tetapkan Stop Loss yang Ideal

Maksud dari point ini adalah setiap Anda membuka posisi, pastikan sebelumnya Anda sudah menentukan berapa pips stop loss yang bisa Anda terima. Selalu gunakan fitur stop loss untuk mengamankan akun Anda. Banyak yang mengatakan bahwa stop loss mengurangi potensi profit, padahal hal tersebut sangat tidak benar. Mungkin yang mengatakan seperti adalah trader yang belum tahu atau belum bisa mengidentifikasi “swing-swing” pada pergerakan harga.

Stop loss ideal untuk trading “Short-term” adalah 20 – 50 pips, sementara untuk “long-term” bisa 70-100 pips, tergantung time frame yang Anda gunakan. Pastikan juga ukur lot size sesuai dengan stop loss yang sudah Anda tentukan.


 

  • Idealkan Target Profit

Take Profit adalah batasan harga tertinggi atau keuntungan yang akan di dapat. Dimana apabila order terkena batasan tersebut maka posisi akan tertutup otomatis dan profit. Nah, tadi profit juga harus dibatasi dengan target loh. Pada latihan ini, take profit lebih besar dibanding stop loss. Contoh jika Anda sudah menetapkan stop loss sebesar 25 pips, maka idealnya take profit sebesar 50 – 75 pips. Lakukan ini secara perlahan dan terus menerus, maka akun Anda akan tumbuh dengan positif meski Anda mengalami stop loss beberapa kali dalam entry posisi.
 

  • Selalu entry Sesuai Dengan Arah Trend


Untuk mengenali arah pergerakan harga selanjutnya, Kekuatan trend juga penting untuk diperhatikan, karena dari sinilah Anda bisa mengetahui potensi penerusan atau pembalikan lebih awal. Seringkali, kekuatan trend bisa dideteksi dengan bantuan indikator teknikal.

Nah, Untuk menjaga keamanan entry, kita diharuskan membuka entry sesuai dengan trend yang terjadi saat itu karena akan cenderung lebih memiliki probabilitas yang lebih tinggi. Untuk melihat trend Anda bisa menggunakan time frame daily atau H4 karena cenderung lebih stabil dan lebih sedikit sinyal palsu dibanding dengan time frame yang lebih kecil.

  • Bersabarlah

Latihan kali ini memang perlu bertahap. Membuka dan menutup posisi dalam trading membutuhkan analisa terbaik dari Anda. Jangan terburu-buru membuka posisi hanya karena takut kehilangan peluang, atau terburu-buru menutup posisi hanya karena khawatir profit berubah menjadi loss. Timing adalah krusial dalam trading, maka pastikan Anda memilih waktu yang tepat untuk melakukan eksekusi. Untuk bisa menentukan timing yang tepat, tidak bisa tidak, Anda harus melakukan analisa seobyektif mungkin. So, tetap latihan ya!

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Jadi, Pastikan Anda selalu mempraktekan LATIHAN TRADING SEDERHANA ini selama anda masih merasa sebagai NEWBIE. Anda hanya butuh jam terbang yang cukup dan latihan rutin untuk mencapai goals dalam trading  

Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

Ingin tahu Latihan Trading Sederhana dalam market futures lebih detail? CALL atau Whatsapp ke +62 8788.42.50.484 dan cari INDRI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami