LAKUKAN CARA INI! ANDA AKAN TEMUKAN SAHAM TERBAIK

Written by Karlina, March 27, 2020

Sangat menjadi rahasia umum jika saham adalah salah satu pilihan investasi yang memberikan keuntungan yang besar (high return). Keuntungannya diberikan dalam bentuk capital gain maupun dividen. Memang dari segi keuntungan, saham merupakan investasi yang menggiurkan. Namun, di balik keuntungan tersebut tersimpan risiko capital loss. Berinvestasi hanya dengan melihat naik turunnya harga saham dalam dashboard bursa efek sangat berisiko. Untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang terbaik dalam investasi saham, berikut ini beberapa cara dalam memilih saham terbaik.

Analisa Masing-Masing Rasio Dalam Saham


Dalam memilih saham yang baik, ada beberapa rasio yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Price-earnings ratio (P/E ratio) dihitung dengan membagi harga saham dengan earning per share/EPS (laba setiap saham) suatu perusahaan. Pastikan angka net earnings selama beberapa tahun untuk memastikan angkanya normal dan tidak melejit karena mengalami perubahan drastis.
  • Dalam istilah Bahasa Indonesia, Price to Book Value biasa disebut dengan Rasio Harga terhadap nilai buku. Price to Book Value adalah ukuran yang berfungsi untuk melihat apakah saham di suatu perusahaan dapat ditakan mahal atau murah. Nilai Price to Book Value sendiri didapat dari pembagian harga per lembar saham perusahaan dengan nilai buku atau book value.
  • Price/earnings to growth ratio (PEG ratio) untuk memperhitungkan ekspektasi pertumbuhan earnings pada masa depan dan membandingkannya dengan kondisi earnings saat ini. Saham dengan PEG ratio mendekati 1 biasanya dinilai cukup bernilai dalam kondisi pasar normal.

Amati Pendapatan, Profit, dan Marginnya


Warren Buffet pernah berkata “Perusahaan yang menarik adalah yang menikmati margin laba yang tinggi dan menghasilkan keuntungan kas untuk pemiliknya. Daya tarik ini berlanjut jika laba bersih perusahaan memberikan keuntungan tinggi pada ekuitas perusahaan.” Jadi, jika masih bingung menentukan pilihan, ikuti saja saran Buffet, yakni memilih perusahaan yang menikmati margin laba yang tinggi.

Ayo Coba Perhatikan tentang Pendapatan, Profit dan Margi dengan Cara di Bawah Ini:

  • Cek pendapatan (revenue) dan net income selama dua tahun terakhir.
  • Cek perbandingan pendapatan dalam laporan kuartal (kuartal I dengan kuartal II) dan laporan tahunan (tiga tahun terakhir).
  • Perhatikan rasio price to sales (P/S) dan rasio price to earnings (P/E).

Perhatikan Laporan Keuangan


Laporan Keuangan Perusahaan Tbk adalah laporan keuangan yang disajikan oleh emiten atau perusahaan publik, baik laporan keuangan satu entitas maupun Laporan Keuangan Konsolidasian. Melihat laporan keuangan dengan perhatikan hal penting berikut ini:

  • Laporan Keuangan Konsolidasi untuk melihat aset dan liabilitas secara keseluruhan
  • Cek kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban-kewajiban jangka pendek dan jumlah utang jangka panjang yang ditanggung perusahaan.
  • Cek debt-to-equity ratio untuk melihat seberapa banyak ekuitas positif yang dimiliki perusahaan dan bandingkan dengan data pesaing untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik.
  • Ada baiknya juga memerhatikan setiap catatan kaki yang menyertai laporan keuangan dan laporan tahunan/kuartal. Laporan keuangan bisa didapat dengan mudah pada dashboard pasar modal

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari LINA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami