CARA MENYIKAPI SAHAM YANG SUDAH NAIK 20%

Written by Anthonius Edyson, CWM, CTA, November 17, 2020

Pada hari ini kamis (7/12/2017) saham KAEF naik signifikan hingga 20.7%. Sementara IHSG ditutup turun -0.48%. dalam melihat saham seperti ini, adakah peluang untuk kita buy? Memang sebagai trader yang berorientasi profit, tentu saja melihat hal seperti ini ingin ikut open buy dengan segera, berharap menikmati profit instant. Namun, perlu Anda ketahui bahwa saham yang naik signifikan seperti ini sebaiknya trader tidak perlu tergesa-gesa untuk ikut open buy. Alasannya tentu saja karena resiko yang lebih tinggi saat Anda tergesa-gesa untuk ikut open buy. Salah satunya adalah ancaman terjadi suspend karena adanya regulasi dari ojk untuk pergerakan saham yang tidak wajar, baik naik ataupun turun secara signifikan.

RASIO RISK TO REWARD YANG TIDAK SEIMBANG

Alasan berikutnya adalah risk to reward yang tentu saja tidak seimbang. Risk to reward adalah perbandingan antara jarak Anda open menuju area stop loss dan menuju area take profit. Risk to reward yang ideal adalah minimum 1: 1, misalnya target take profit 6% maka Anda harus siap stop loss 6% karena dengan metode ini, portofolio Anda akan terjaga. Bagaimana bila Anda entry saham KAEF yang sudah 20% naik? Mari kita lihat risk profile nya

Terlihat dengan jelas, apabila Anda entry di area harga terakhir, Anda hanya berkesempatan mendapatkan take profit 9%, sementara Anda memiliki resiko kehilangan 21%, ini sangat merugikan portofolio Anda. Belum termasuk ancaman suspend dari OJK terkait peraturan UMA (unconditional market activity).

 

BAGAIMANA MENGAMBIL POSISI TRADE SEHARUSNYA?

Anda berkesempatan menunggu harga terkoreksi hingga paling tidak ke area 50% hingga 60% dari pergerakan harga saham kaef hari ini (7/12/2017), yakni sekitar area Rp2,500 dan lakukan take profit di area classic resistance, yakni area Rp3,000. Stop loss dapat Anda lakukan saat koreksi telah selesai dan Anda bisa pasang stop loss di titik low dari koreksi terakhir. Dengan demikian risk profile Anda akan lebih menguntungkan.

Trading tips seperti ini dapat anda pelajari dari ilmu teknikal analisis. Anda juga dapat dengan mudah tanpa repot belajar hanya dengan join di A-CLUB Stocks untuk meminta trading plan saham-saham yang anda sukai.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami