7 TANTANGAN YANG HARUS DIKALAHKAN TRADER WANITA

Written by Karlina, November 19, 2020

“Eman sipasi wanita” rupanya sudah benar – benar terjadi di jaman sekarang, jika dulu derajat pria lebih tinggi dari wanita dan lebih banyak menempatkan wanita diposisi yang “biasa saja”, kini keadaan berputar di mana wanita juga bisa melakukan hal yang sama. Bahkan, banyak wanita yang kini menjabat sebagai bos di perusahaan dan membawahi karyawan pria.

Dalam dunia bisnis, baik pria maupun wanita, keduanya dipercaya mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik. Asalkan keduanya memiliki tekad yang kuat untuk memajukan bisnis.

Namun, jiwa bisnis antara pria dan wanita sangatlah berbeda. Pria dikenal sebagai sosok yang berani mengambil risiko, sedangkan wanita lebih condong ke zona nyaman.

Sifat wanita yang “menyukai zona nyaman” menimbulkan adanya tantangan ketika wanita menggeluti bidang wirausaha.
Tantangan seperti apakah yang biasanya dihadapi para wanita?

1.Kesiapan Mental yang Kurang




Pria dan wanita memiliki kondisi mental yang sangat jauh berbeda. Pria adalah sosok yang berani, gagah, tangguh. Sementara wanita merupakan sosok yang lembut, cerewet, dan terlalu memakai perasaan.

Selain modal, kesiapan mental juga menjadi modal penting saat menjadi trader. Tanpa adanya mental yang kuat, wanita akan lebih mudah goyah, apalagi jika bisnisnya berada di puncak kebangkrutan. Wanita juga menjadi lebih sulit untuk mengambil keputusan di tengah-tengah situasi genting karena kurangnya mental untuk memompa rasa percaya diri.

2.Wanita Bukanlah Sosok Pengambil Risiko




Wanita yang sudah menjumpai zona nyaman akan sulit jika diajak untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Hal ini juga terjadi pada investasi.

Saat trader wanita telah mampu mencapai taking profit yang diharapkannya, ia akan tetap dengan metode dan mekanisme trading yang sama tanpa ada niat untuk melakukan eksplore kemampuan dan Teknik baru.

3.Kurang Mampu Membangun Jaringan




Sifat wanita yang kalem membuat dirinya sulit untuk membangun jaringan. Wanita juga dianggap lebih tertutup dan tidak terlalu suka untuk berbicara dengan orang yang dikenalnya.

Curilah ilmu trader yang mereka terapkan untuk membangun jaringan yang lebih luas lagi.

4.Terlalu Menggunakan Perasaan




Tidak dapat dipungkiri kalau wanita cenderung memakai perasaannya saat bertindak. Sebagai trader, Anda harus bersikap tegas dan keras. Terlalu menggunakan perasaan akan membuat Anda tetap berada di zona yang nyaman sampai selamanya.

5.Melakoni Dua Peran yang Berbeda




Selain bekerja sebagai seorang trader, seorang wanita juga memiliki tanggung jawab untuk merawat anak. Adanya dua peran yang berbeda ini membuat wanita sulit untuk berkembang menjadi trader sukses.

Ia sering kali kelabakan membagi waktu antara keluarga dan bisnis lainnya. Karena itu, wanita sering merelakan salah satu di antara keduanya.

Wanita yang terlalu fokus mengembangkan bisnis biasanya memiliki hubungan yang tidak harmonis di dalam keluarga. Baik antara ibu dan anak ataupun suami dan istri.

6.Kurang Percaya Diri




Setinggi apa pun rasa percaya diri seorang wanita, rasa percaya diri tersebut dapat surut saat dirinya dibandingkan dengan para pria. Walaupun status sebagai wanita, jangan mau kalah dengan pria. Kalau mereka bisa, kenapa Anda tidak?

Pada dasarnya, manusia dianugerahi kemampuan berpikir yang tinggi. Jika dirimu menemukan tantangan dalam trading, berpikirlah secara kritis untuk mendapatkan solusi yang tepat.

7.Sering Mengalami Dilema



Dilema yang dimaksud berkaitan dengan status wanita sebagai ibu rumah tangga sekaligus trader. Juga dilema karena menganggap dirinya jauh lebih “bodoh” dibandingkan pria.

Menjadi seorang trader adalah pilihan. Jika tidak sanggup melakukannya, lebih baik berhenti daripada terus-menerus dihantui dilema.

Percaya Diri Menjadi Kunci Kesuksesan

Apa pun investasi yang dijalankan, lakukan dengan rasa percaya diri yang tinggi. Sadar atau tidak, rasa percaya diri akan membawa pada gerbang kesuksesan. Membangun kepercayaan memang tidaklah mudah, apalagi jaman sekarang orang lebih suka bergaul dengan gadget daripada bertemu langsung, namun hal itu bisa di atasi ketika Anda mencoba bergabung didalam CAT Program, karena CAT program memberikan akses untuk menambah koneksi Anda dan diberikan akses untuk bertemu langsung setiap bulannya. Dan mulailah bangun kepercayaan diri Anda dalam trading.

Kalau saja tidak percaya pada kemampuan diri sendiri, bagaimana orang lain bisa percaya pada kemampuan Anda?
 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami