TRADER PEMULA VS TRADER BERPENGALAMAN

Story by: Hanna Dalimunthe
Published: May 13, 2019
Viewed 588 times

Hanna is a passionate advisor who guides trader in Indonesian stocks market. She spent number of years for UOB Kayhian Premiere as a trading advisor. She will make you fully committed and transform you into a credible trader in the financial market.

Story by: Hanna Dalimunthe
Published: May 13, 2019
Viewed 588 times

Hanna is a passionate advisor who guides trader in Indonesian stocks market. She spent number of years for UOB Kayhian Premiere as a trading advisor. She will make you fully committed and transform you into a credible trader in the financial market.


TRADER PEMULA VS TRADER BERPENGALAMAN

Anda mungkin ingin tahu apa yang dimiliki trader berpengalaman namun tidak Anda miliki atau apa yang diketahui trader berpengalaman namun tidak Anda ketahui. Menurut Nial, meski yang dilakukan trader berpengalaman mungkin berbeda dari trader pemula, namun sebenarnya mereka belum tentu mengetahui sesuatu yang harus dimiliki oleh trader pemula. Bagi trader pada umumnya, menjadi seorang trader berpengalaman mungkin suatu realita yang masih jauh untuk bisa dicapai. Anda mungkin mengira bahwa para trader berpengalaman bisa memperoleh informasi penting yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu (insider information) yang Anda tidak tahu bagaimana mendapatkannya.

Dalam kenyataannya, untuk menjadi seorang trader berpengalaman tidaklah demikian. Sebenarnya Anda tidak jauh dari realita untuk bisa trading seperti para trader berpengalaman ini, apa yang mesti Anda lakukan adalah merubah cara pandang Anda tentang trading, dan kemauan untuk memulai merubah kebiasaan trading Anda. Apa saja perbedaan trader berpengalaman dan trader pemula, dan bagaimana kita bisa belajar untuk memperbaiki cara trading kita?

Trader Berpengalaman Sangat Menikmati Trading




Para trader pada umumnya mencari cara-cara yang cenderung instan untuk mencapai sukses dalam trading. Mereka sangat berharap bisnis trading akan bisa merubah hidupnya, tetapi mungkin mereka tidak benar-benar menikmati dinamika dalam trading seperti para berpengalaman. Pada umumnya mereka menganggap trading sebagai alat untuk menghasilkan uang. Para trader berpengalaman sangat menyukai tantangan dalam trading, tantangan untuk bisa mengendalikan pikirannya pada trading. Mereka menikmati keseluruhan proses dalam trading mulai dari aspek psikologi, pembacaan dan analisa trading chart hingga Money Management. Jika Anda tidak benar-benar menyukai apa yang sedang Anda lakukan maka akan sulit untuk menerapkan cara berpikir, kebiasaan dan dedikasi untuk mencapai sukses dalam pekerjaan tersebut, termasuk dalam trading. Mungkin Anda mengira bahwa Anda telah benar-benar menyukai trading dan telah menjadikan trading sebagai satu-satunya sumber penghasilan Anda (trading for living), namun masih sering mengalami kerugian. Perlu diketahui bahwa menyukai apa yang sedang Anda kerjakan berbeda dengan melakukan pekerjaan tersebut dengan benar.

Sebagai contoh, para trader berpengalaman sangat menikmati trading dan analisa pasar, tetapi mereka tidak kecanduan atau mengalami ketergantungan untuk selalu berada di pasar setiap waktu. Mereka tahu bahwa keberhasilan dalam setiap trade sangat bergantung pada probabilitas sinyal trading, dan mereka bersabar untuk menunggu sinyal trading dengan probabilitas tinggi. Mereka tidak terobsesi untuk entry atau exit hanya berdasarkan emosi.


Trader Berpengalaman Tahu Bagaimana Mengatur Resiko





Ini adalah kenyataan. Kebanyakan orang takut rugi. Itulah sebabnya jika Anda berbicara dengan orang yang awam tentang trading, mereka akan mengira Anda sedang berjudi, atau mereka balik bertanya apakah tidak ada pekerjaan lain yang lebih jelas dan pasti menguntungkan. Secara alami kita memang memiliki sifat untuk cenderung menghindari resiko, dan ini jelas tampak ketika membicarakan trading.

Salah satu aspek terpenting dalam trading adalah berani mengambil resiko dan bisa mengendalikannya. Para trader berpengalaman tahu akan hal ini. Mereka sama sekali tidak takut mengambil risiko karena sejak semula telah belajar bagaimana mengendalikan resiko tersebut dengan benar. Dalam hal menghadapi resiko, trader berpengalaman tidak pernah ragu untuk entry atau menentukan risk/reward ratio asalkan sinyal tradingnya valid. Mereka biasanya masuk pasar dengan "set and forget" hingga jadwal trading berikutnya. Sebaliknya trader pemula sering kali masih ragu meski sinyal tradingnya valid. Kecenderungan untuk menghindari resiko ini menyebabkan mereka kurang disiplin dan kehilangan kesempatan entry. Ini biasanya terjadi setelah mengalami kerugian, meskipun kerugian pada trade terakhir tidak berhubungan dengan trade berikut yang akan dilakukannya.

Melihat Hasil Trading Secara Keseluruhan





Trader berpengalaman tahu bahwa mereka mungkin sekali akan mengalami kerugian pada trade yang dilakukannya, namun yakin bahwa setelah melakukan trade dalam jumlah tertentu mereka akan profit. Setiap trade merupakan eksekusi yang berbeda dari trade yang lain, dan hasil trading secara keseluruhan ditentukan oleh besar kecilnya probabilitas dari sistem trading yang telah diuji. Trader pemula masih sering terpengaruh pada setiap trade yang dilakukan. Mereka berharap memperoleh profit setiap kali masuk pasar dan akan menganggap sistem trading mereka kurang mumpuni jika gagal, padahal mungkin mereka telah menguji coba sistem tersebut dengan back test maupun forward test. Hal yang demikian sering dialami oleh trader pada umumnya karena mereka tidak fokus pada keseluruhan hasil trading, melainkan menganggap penting setiap trade yang dilakukan.

Mampu Menganalisa secara Efektif & Efisien





Seorang trader yang berpengalaman tahu betul apa yang ia cari ketika membaca trading chart. Dengan metode trading yang telah dipahami, diuji dan diterapkan dengan benar, ia tidak berlama-lama mencari strategi apa yang sebaiknya digunakan, melainkan melihat apakah metodenya akan direspon oleh kondisi pasar sekarang. Jika sesuai dan siap masuk pasar, langkah berikutnya adalah menentukan risk/reward ratio yang pas untuk kondisi tersebut serta menentukan level stop dan target profit. Untuk memiliki kemampuan membaca chart trading dengan cepat dan tepat memang dibutuhkan pengalaman, namun kita bisa berlatih dengan melakukan analisa chart trading sesering mungkin berdasarkan analisa teknikal maupun fundamental, terutama trend pergerakan harga terakhir dan level-level kuncinya (support dan resistance). Dengan mengetahui karakteristik pasar maka tidak akan ada keraguan lagi untuk entry jika sinyal trading telah muncul. Namun demikian trader berpengalaman juga tahu bahwa prediksinya tidak selalu benar. Di dalam pasar, pergerakan harga sangat dinamis dengan pola yang selalu berubah dari waktu ke waktu hingga tak seorangpun bisa memastikan arah pergerakannya. Tak ada yang benar-benar pasti dalam financial market, hanya besar kecilnya probabilitas saja yang bisa dipakai sebagai ukuran sebuah prediksi.

CONCLUSION

Berbisnis di Financial Market memang sangat menguntungkan asal dilakukan dengan cara yang benar. Kita bisa trading dengan benar bila sikap mental dan cara berpikir kita seperti mereka para trader berpengalaman. Pengetahuan analisa pasar, money management dan pengalaman trading saja belum cukup untuk menghasilkan profit yang konsisten dalam jangka panjang. Trader berpengalaman sebenarnya tidak memiliki atau mengetahui sesuatu yang harus dimiliki atau diketahui oleh trader pemula. Trader pemula mesti belajar untuk bisa berpikir dan bersikap seperti para berpengalaman.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • So, Jadikan artikel ini landasan berfikir untuk memulai ataupun memperbaiki trading anda, saling mempelajari masing-masing karkter karena trader berpengalaman sebenarnya tidak memiliki atau mengetahui sesuatu yang harus dimiliki atau diketahui oleh trader pemula.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di +62 838.96.96.96.39
click
click

Connect With Us:

Solutions

A Member Of

INDONESIA TECHNICAL ANALYST ASSOCIATION

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]