Tax Amnesty

Story by:
Gema Goeyardi, CAT,CFTe,CWM,CSA,CTA
Published:
July 02, 2016
Viewed 2803 times

Gema is the founder of Astronacci Time Forecast. After featured in Forbes and Fortune, he also got a MURI Award as the an inventor of Astrology and Fibonacci trading method. Gema has proven succesfully turned USD2,000 to USD1,3 Million in 5 Years in Gold trading with Astronacci.

Story by: Gema Goeyardi, CAT,CFTe,CWM,CSA,CTA
Published: July 02, 2016
Viewed 2803 times

Gema is the founder of Astronacci Time Forecast. After featured in Forbes and Fortune, he also got a MURI Award as the an inventor of Astrology and Fibonacci trading method. Gema has proven succesfully turned USD2,000 to USD1,3 Million in 5 Years in Gold trading with Astronacci.


Tax Amnesty

Tax Amnesty baru-baru ini sering menjadi perbincangan yang cukup hangat di kalangan trader dan investor. Bahkan media massa baik televisi, koran, radio hingga portal online terus mengulas mengenai Tax Amnesty ini. Sebenarnya apakah Tax Amnesty tersebut?

Tax Amnesty
Dari arti katanya, tax adalah pajak, dan amnesty berarti pengampunan. Pengampunan pajak ini adalah suatu kesempatan langka bagi wajib pajak yang selama ini belum melaporkan pajaknya. Pemerintah memberikan perhitungan yang lebih ringan dibandingkan denda / bahkan tarif normal. Sebagai contoh, katakan Wajib Pajak Bpk. X memiliki sejumlah harta yang belum terlapor, dimana bila menggunakan peraturan normal maka harta tersebut akan dikenakan tarif pajak sebesar 25%. Dengan adanya Tax Amnesty ini maka Bpk. X hanya dikenakan tariff 2%. Ini sangatlah meringankan para wajib pajak yang memiliki harta dalam jumlah besar yang belum dilaporkan ke Dirjen Pajak.

Sejarah Tax Amnesty
Penerapan Tax Amnesty di Indonesia tahun ini bukanlah yang pertama.
1. Pada tahun 1964 gagal karena adanya peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965.

2. Pada tahun 1984 kebijakan ini diadakan kembali dengan tujuan memperbaiki sistem perpajakan dari official assessment jadi self assessment. Meski pernah diberlakukan, kinerjanya dinilai kurang berhasil. Kelemahan saat itu, disinyalir karena minimnya data perpajakan sehingga petugas pajak sulit mendeteksi kekayaan yang tidak dilaporkan. Alhasil, ketidaklengkapan data perpajakan akan berpeluang para pengemplang tidak melaporkan dananya dan tidak khawatir akan diketahui karena dananya ada di luar negeri.

3. Tahun ini, awalnya, Tax Amnesty merupakan rancangan undang-undang bagi warga negara Indonesia yang memiliki harta di luar negeri dan diinvestasikan dalam jangka waktu minimal 3 tahun. Dengan dilakukannya Tax Amnesty ini, diharapkan para pengusaha yang menyimpan dananya di luar negeri akan memindahkan dananya di Indonesia dan menjadi WP baru yang patuh sehingga dapat meningkatkan pendapatan pajak negara.

Pro & Contra
Setelah polemik yang cukup panjang, akhirnya RUU ini disahkan menjadi undang-undang pengampunan pajak pada tanggal 28 Juni 2016. RUU ini menuai banyak pro dan kontra dari berbagai pihak. Bagi para pihak yang kontra menyatakan bahwa kebijakan ini berpotensi untuk diselewengkan dan pesimis bahwa hal ini tidak akan berjalan maksimal. Namun juga cukup banyak pihak yang pro dan menyatakan bahwa kebijakan ini akan menggejot penerimaan pajak Negara dan memberikan dampak psikologis bagi penunggak pajak untuk berubah lebih jujur dalam pelaporan SPT. Bagi wajib pajak tentunya ini kesempatan yang sangat berharga karena dapat mengaku “dosa” dan melegalkan kepemilikan hartanya yang menggunung dengan melakukan pembayaran pajak yang lebih murah.

Poin - poin Utama UU Pengampunan Pajak

I. ‎Pengampunan Pajak merupakan penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan. Kewajiban perpajakan yang mendapatkan Pengampunan Pajak terdiri atas kewajiban Pajak Penghasilan dan Pajak Penjualan Nilai atau Pajak atas Barang Mewah.

II. Harta adalah akumulasi tambahan kemampuan ekonomis berupa seluruh berwujud maupun tidak berwujud, bergerak maupun tidak bergerak, baik yang digunakan untuk usaha maupun bukan untuk yang berada di dan/atau di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

III. Setiap wajib pajak berhak mendapatkan Pengampunan Pajak. Jika Wajib Pajak belum mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak, Wajib Pajak mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk memperoleh NPWP di kantor Direktorat Pajak tempat wajib Pajak bertempat tinggal atau berkedudukan.

IV. Dalam Undang-Undang ini, tarif‎ uang tebusan terbagi atas:
1. Tarif Uang Tebusan atas Harta repatriasi dalam negeri, adalah sebesar:
a. 2 % untuk periode 3 bulan pertama;
b. 3 % untuk periode 3 bulan kedua; dan
c. 5 % untuk periode tanggal 1 Januari sampai‎ dengan tanggal 31 Maret 2017.

2. Tarif Uang Tebusan atas Harta deklarasi luar negeri‎ sebesar:
a. 4 % untuk periode 3 bulan pertama;
b. 6 % untuk periode 3 bulan kedua;
c. 10 % untuk periode tanggal 1 Januari 2017 sampai dengan tanggal 31 Maret 2017.

3. Tarif Uang Tebusan bagi Wajib Pajak UMKM, adalah sebesar:
a. 0,5 % bagi Wajib Pajak yang mengungkapkan nilai Harta sampai dengan Rp 10.000.000.000,00 dalam Surat Pernyataan; atau
b. 2 % bagi Wajib Pajak yang mengungkapkan nilai Harta ‎lebih dari Rp 10.000.000.000,00 dalam Surat Pernyataan untuk periode sampai dengan 31 Maret 2017.

V. Disepakati periode penyampaian Surat Pernyataan terbagi atas 3 periode, yaitu 3 bulan pertama, bulan keempat sampai 31 Desember 2016, dan 1 Januari 2017 sampai 31 Maret 2017.

VI. Juga disepakati Wajib Pajak dapat mengajukan Surat Pernyataan paling banyak 3 (tiga) kali dalam jangka waktu terhitung sejak Undang-Undang ini mulai berlaku sampai dengan 31 Maret 2017.

VII. Untuk melakukan repatriasi, pengalihan harta ke dalam negeri harus melalui bank persepsi yang khusus ditunjuk oleh menteri.‎ Harta yang dialihkan harus‎ diinvestasikan paling lambat pada tanggal 31 Desember 2016‎ bagi yang menyatakan‎ periode pertama kedua atau paling lambat 31 Maret 2017 bagi yang menyatakan pada periode ketiga.

Efek Domino Tax Amnesty

1. Peningkatan Pendapatan Pajak Negara
Tentunya dengan adanya Tax Amnesty, akan memberikan peluang peningkatan pajak masuk bagi negara. Berdasarkan data yang dimiliki Pemerintah, total dana orang Indonesia yang diparkir di luar negeri mencapai Rp 11.500 Triliun, sementara potensi penerimaan pajak dari repatriasi dana mencapai Rp 60 Triliun. Untuk pemasukan negara, pemerintah menargetkan bisa mendapatkan Rp165 triliun dari Tax Amnesty. Besarnya dana ini diharapkan bisa menutupi kekurangan penerimaan pajak pada 2016 yang diperkirakan tak akan tercapai karena perlambatan ekonomi

2. Aliran dana beredar untuk investasi di dalam negeri meningkat
Selama ini, banyak pengusaha maupun investor melarikan dan menyimpan uang serta investasinya di luar negeri. Bahkan banyak pengusaha-pengusaha di Indonesia yang memiliki investasi property diluar negeri baik berupa pabrik, residence ataupun office tower. Dengan adanya pengampunan pajak ini, harta benda ini akan berpulang ke “rumah” dan dapat dikembangkan di dalam negeri. Hal ini dapat menghidupkan kembali gairah pasar dan dunia investasi di Indonesia.

Sekedar informasi tambahan, pada dokumen Panama Papers, hasil investigasi “menemukan” 11,5 juta dokumen dimana 899 dokumen di antaranya atas nama individu & perusahaan Indonesia dalam perusahaan offshore. Nilainya total dokumen milik WNI tidak main-main, besarnya senilai Rp 11.400 triliun dimana Rp 4 ribu trilyun di antaranya parkir di Singapura. Bayangkan bila semua dana ini kembali ke Indonesia.

3. Ajang Diskon Pajak
Bagi pengusaha yang memiliki dana diluar negeri, hal ini juga merupakan suatu kesempatan emas untuk dapat memindahkan dana ke dalam negeri. Bagi yang menyimpan hartanya dibawah ranjang sekalipun, ini saatnya mengakui kepemilikan hartanya dengan tarif pajak yang lebih murah. Tarif pajak normal untuk PPh bisa mencapai 25% namun dengan adanya Tax Amnesty ini tarif tertinggi hanyalah 10%.

Setahun terakhir ini, para petugas pajak melakukan pengejaran terhadap pengemplang pajak menggunakan berbagai cara. Mulai dari sidak ditempat, hingga investigasi menggunakan teknologi informasi dan penjangkauan serta “stalking” social media wajib pajak beserta keluarganya. Hal ini mulai meresahkan para pengusaha dan memilih untuk mengaku daripada harus bermasalah dikemudian hari.

4. Good News bagi Pasar Modal Indonesia
Tax Amnesty ini cukup ampuh untuk menarik dana asing masuk ke Indonesia dalam perdagangan saham Indonesia. Tanggal 29 Juni 2016 tercatat aliran foreign inflow sebanyak 1.7 triliun rupiah, padahal rata-rata foreign inflow tercatat hanya 500-800 miliar per harinya. Hal ini tentunya akan menambah volatilitas IHSG.

Sektor yang sangat diuntungkan adalah sektor property, banking & financial market.
a. Mengapa sektor property diuntungkan?
Investasi real yang sangat menjadi incaran bagi pemilik harta dalam jumlah besar adalah investasi di bidang property. Tentunya emiten-emiten property ini dapat meningkatkan omsetnya. Inilah yang menyebabkan naiknya saham sektor property.

b. Sektor Perbankan akan diuntungkan dengan banyaknya dana yang mengalir masuk untuk ditabung, deposito, B&B. Juga, membuka peluang saat dana yang masuk akan diinvestasikan dalam bisnis real berupa perdagangan, maka permintaan lending akan meningkat.

c. Financial market, khususnya pasar modal akan hidup kembali. Akan semakin banyak pengusaha yang ingin berinvestasi di dunia pasar modal. Apalagi pendapatan yang dihasilkan dari investasi di pasar saham, merupakan penghasilan bersih yang telah dipotong pajak setelah melakukan penjualan. Otoritas Jasa Keuangan telah memikirkan berbagai cara untuk menampung dana ini, langkah yang dilakukan diantaranya adalah menyiapkan instrumen investasi yaitu untuk Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) regulasinya direlaksasi berupa penurunan besarnya nilai investasi untuk setiap pemodal dari Rp10 miliar menjadi Rp5 miliar.

ROADMAP IHSG
Bagaimanakah roadmap IHSG untuk beberapa waktu kedepan? Bagaimanakah roadmap untuk saham-saham sektor property? Dapatkan analisanya segera, hanya dengan bergabung menjadi member A-CLUB Stocks.

click
click

Connect With Us:

A Member Of

INDONESIA TECHNICAL ANALYST ASSOCIATION

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]

Awards

Pada 1 Februari 2014, Gema Merdeka Goeyardi, MM, CAT, President Director & Founder Astronacci International menerima penghargaan rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas rekor "Metode Proyeksi Keuangan Pertama Menggunakan Ilmu Astrology dan Bilangan Fibonacci" di Jakarta. [ read more ]