STIGMA MASYARAKAT TENTANG PASAR BERJANGKA

Written by Karlina, November 19, 2020

Beberapa anggapan masyarakat tentang pasar berjangka belakangan ini sangatlah buruk. Artikel saya kali ini akan membahas mengenai anggapan-anggapan yang salah mengenai pasar berjangka sekaligus meluruskannya. Yang perlu dipahami oleh trader adalah, Futures Market adalah pasar terbesar di dunia, karena itulah insentisitas pergerakan harga di pasar berjangka ini sangatlah tinggi.

We Don’t Have to Learn, We just Need Experience



Anggapan yang salah berikutnya adalah orang-orang menganggap sebagian trader bisa menghasilkan profit karena sudah lama dalam berlatih dengan sistem. Tetapi setelah dilakukan penelitian secara mendalam, trader pemula hanya mencoba menebak atau mengikuti gaya dan sistem trader lain tanpa pengetahuan yang cukup mengenai esensi dari sistem itu sendiri. Jadi kerugian sering ditemui oleh trader pemula karena belum mengetahui sistem trading yang ia gunakan secara pasti. Jadi, yang terbaik adalah pengetahuan yang mumpuni serta didukung dengan pengalaman.
 

Modal Harus Besar



Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa hanya karena Anda trading dengan deposit minimal bukan berarti peluang keberhasilan Anda kecil. Mitos yang beredar selama ini adalah untuk bisa lolos dari kerugian setiap kali terjadi floating minus, Anda harus mempunyai modal yang besar. Padahal, dengan modal yang lebih kecil pun Anda bisa mengusahakan kesuksesan dengan membatasi resiko dengan memperkecil lot trading serta menerapkan manajemen resiko.
 

Ingin Kaya dalam Semalam



Ketika Anda sedang open posisi, jangan pernah lupa untuk menerapkan yang namanya kekonsistenan. Anda juga harus selalu membuat keputusan logis dan diteliti ketika melakukan trading. Sistem trading ini bukan sistem yang digunakan untuk "cepat kaya". Tetapi sebuah rule keuangan yang harus dilakukan. Jangan berfikir terlalu naif untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam semalam. Gunakan perencanaan yang logis dan realistis, sehingga apa yang Anda dapatkan nantinya dapat menjadi tumpuan untuk rencana ke depannya. Sistem yang hanya mempentingkan profit namun tidak memperhitungkan resiko bukanlah cara ampuh untuk melindungi profit. So, sadarilah masalah ini. Berfikir secara realistis benar-benar dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak keberhasilan dibandingkan dengan angan-angan yang berlebihan tapi tidak bisa dikerjakan.
 

Bisnis Trading Memerlukan Tempat Tersendiri



Perputaran modal  di pasar berjangka mencapai $1.5 trilliun setiap harinya. Banyak anggapan bahwa semua jenis transaksi harus dilakukan dengan bertemu langsung dan berhadapan secara fisik. Mungkin anggapan kebanyakan orang awam, futures market itu seperti teller bank atau pembelian barang secara konvensional. Padahal, sejatinya futures market adalah market yang online dan tidak tersentralisasi. Anda tidak akan mendapatkan pertukaran di bursa secara fisik. Segala macam transaksi (valas, komoditas, ataupun index) dilakukan secara online.
 

Scalping Bagus Untuk Pemula



Tidak seperti bisnis lainnya, futures trading kadang, bahkan sering tidak sesuai dengan keadaan. Apa yang Anda anggap benar mungkin tidak begitu dengan pasar. Jangan berfikir bahwa Anda bisa kaya dengan cepat jika trading. Anggapan bahwa perdagangan jangka pendek atau scalping, yang terkenal bisa meraup keuntungan dengan cepat sebenarnya tidak bagus untuk pemula. Untuk menjadi scalper yang handal, Anda dituntut untuk bisa menjadi trader yang memiliki respon cepat dan tepat, serta bisa menghadapi tekanan psikologis untuk bisa membuka dan menutup banyak posisi dalam waktu relatif singkat. Kemampuan tersebut tentu tidak akan dimiliki oleh trader pemula.
 

Semakin Besar Leverage yang Ditawarkan Semakin Bagus

Saya sarankan Anda untuk tidak mencobanya, karena hal ini akan sangat berisiko. Anda harus berpikir tentang leverage yang dapat membantu untuk memberikan modal yang diperlukan, namun tidak memberikan tekanan resiko yang terlalu besar. Akan sangat mengerikan jika Anda menggunakan leverage yang sangat besar, namun tidak bisa hati-hati dalam menggunakannya. Dipastikan kerugian besarlah yang akan didapat. Karena pada dasarnya, leverage itu seperti pedang bermata dua.

Kesimpulannya adalah, jangan pernah takut untuk masuk ke pasar. Yang anda perlukan adalah terus belajar dan berlatih, menemukan strategi dan teknik trading sendiri, serta pastinya anda harus trading di real market agar anda bisa mendapatkan pegalaman. Itu semua adalah kunci dari keberhasilan di futures market.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami