JENIS PERDAGANGAN SAHAM YANG HARUS NEWBIE KETAHUI

Written by Tria Okta Putri Tuban Oku, December 08, 2020

Saham adalah bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Jika anda memiliki saham, maka anda bisa juga disebut sebagai owner atau pemilik perusahaan, tergantung seberapa besar porsi kepemilikan anda. Wujud saham adalah selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan dan menyatakan bahwa pemilik kertas yang namanya tercantum dalam surat tersebut adalah pemilik perusahaan sesuai dengan porsi berapa persen atau berapa banyak penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut sehat, maka saham akan punya nilai jual yang tinggi karena bisa menghasilkan laba yang besar. Di sinilah daya tarik investasi dalam bentuk saham, baik dalam porsi kepemilikan kecil atau anda memang pendiri sekaligus pemegang saham tertinggi dalam perusahaan tersebut. Terlepas dari itu semuanya, banyak jenis saham yang harus diketahui oleh para pemula atau newbie di saham.

Berikut Jenis Perdagangan Saham Dapat Dikelompokkan Menjadi Lima, Yakni:

1. BlueChip Stocks

Blue chip stocks merupakan saham biasa (common stock) dari perusahaan yang punya reputasi tinggi. Seringkali perusahaan itu menjadi pemimpin di sebuah bidang industri, pendapatannya stabil, dan selalu konsisten dalam membayar tagihan. Saham-saham ini bisanya nilainya sudah tinggi dan jarang pemilik saham melepas saham yang dimilikinya. Orang banyak mencari saham ini karena jelas-jelas memberikan keuntungan. Tapi bukan berarti saham blue chips selalu berharga mahal. Apa saja kriterianya:

A. Ditransaksikan di harga yang wajar
B. Pergerakan harga saham di pasaran relatif stabil
C. Jumlah saham yang beredar di masyarakat tinggi sehingga likuiditasnya tinggi

2. Income Stocks

Income stocks adalah saham dari suatu emiten (penerbit saham) yang sanggup membayarkan dividen lebih tinggi dari rata-rata dividen yang dibayarkan pada tahun-tahun sebelumnya. Pemilik saham ini akan mendapatkan deviden yang meningkat terus ke depannya.

3.  Growth Stocks – terdiri dari well-known dan lesser-known

 

Growth stocks adalah saham yang diprediksi di masa datang berpotensi memberikan kenaikan dalam pembagian dividen. Saham jenis ini dikenal ada dua macam yakni well-known dan lesser-known. Growth stock well-Known yaitu saham yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi mengingat menjadi pemimpin di sebuah bidang industri dan bereputasi tinggi. Sementara growth stock Lesser–Known merupakan saham dari perusahaan yang bukan pemimpin dalam industri, namun punya ciri growth stock.

4. Speculative Stock

Speculative Stock adalah saham yang diprediksi di masa mendatang menawarkan penghasilan yang tinggi. Cuma perlu digarisbawahi keuntungan itu sifatnya belum pasti. Pendek kata, belum ada jaminan di masa depan perusahaan itu akan untung besar. Inilah alasannya kenapa disebut speculative stock karena mengedepankan spekulasi.

5. Counter Cyclical Stocks

Counter Cyclical Stockss adalah saham yang tak terpengaruh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum. Meski pun kondisi ekonomi suatu negara lagi seret tapi harga saham ini tetap tinggi dan tetap menjanjikan deviden.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Jadi, Jadi, banyak jenis saham yang harus diketahui oleh para pemula atau newbie di saham seperti yang sudah dijelaskan oleh artikel di atas.

Pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari TRIA OKTA silahkan hubungi di +62 838.96.96.96.39

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami