JENIS LOSS TRADING

Written by Anthonius Edyson, CWM, CTA, November 17, 2020

Sebagai seorang trader, melindungi akun dari kerugian sangatlah penting. Bisa dikatakan, menghindari loss adalah salah satu komponen utama dalam trading. Jika hal itu penting, maka ada baiknya Anda mengetahui dulu jenis-jenis loss agar bisa mengantisipasi penyebab kerugian lebih awal. Apa saja jenis loss trading yang bisa kita hadapi?

Sebenarnya kerugian dan kesalahan kita dalam trading tidak lain karena kegagalan kita dalam mengontrol dan mengelola dana supaya tetap terjaga dengan aman. Meskipun demikian, ada pula penyebab kerugian yang tidak bisa dihindari. Berikut ini merupakan 2 jenis loss trading yang sering kita hadapi:

Loss Not Avoided
Ketika sedang trading, terkadang loss not avoided bisa saja terjadi. Apa sih sebenarnya loss not avioded? Jenis kerugian ini merupakan kesalahan trading yang benar-benar tidak bisa dihindari. Kesalahan ini terjadi ketika sistem sudah tepat, open posisi yang dilakukan sudah sesuai rule trading, namun setelah open posisi, justru kerugian demi kerugian lah yang didapatkan.

Kondisi pergerakan harga di market memang tidak bisa dikendalikan oleh trader. Cara yang paling baik untuk menanggapinya adalah dengan tetap mengikuti rule trading. Loss seperti ini bisa dibiarkan dan dianggap sebagai resiko wajar yang tidak bisa terprediksi serta tidak bisa dilogika, karena memang sudah kehendak market. Tapi jangan khawatir, kerugian yang dihasilkan oleh loss not avoided biasanya kecil. Hal ini dikarenakan Anda sudah mentaati sistem dan memiliki risk management dan modal yang baik.

Loss Not Discipline
Loss jenis kedua ini adalah kerugian yang disebabkan oleh diri kita sendiri, atau juga disebut loss not dscipline. Sesuai dengan namanya, kerugian ini disebabkan oleh ketidakdisiplinan kita dalam mentaati sistem, dan biasanya kerugian yang dihasilkan cukup besar. Dalam contoh lain, sebenarnya loss yang dihasilkan kecil, namun kerugian akhirnya malah membesar karena tidak mentaati rule.

Solusinya adalah kembalilah ke trading plan. Ikuti sistem Anda, pahami kinerjanya, dan gunakan rule sesuai dengan yang telah dipelajari. Loss akibat tidak disiplin ini bisa membaik sesuai dengan tingkat psikologis dan semangat diri sendiri.

Tatkala seorang trader terkena loss demi loss, kemungkinan besar ia akan tersadar untuk kembali ke jalur sistem. Ia akan mentaati semua rules yang ada, serta membiasakan diri untuk tidak melanggar lagi. Loss karena tidak disiplin secara berangsur-angsur membaik dan akhirnya kerugian besar dapat terhindari. Jika Anda sudah dapat terhindar dari loss not discipline maka kerugian besarpun sudah tak akan mendekati akun trading.

Maka dari itu, untuk menghindari kedua jenis loss tersebut  usahakan Anda selalu mentaati sistem, mengikuti rule, serta belajar dari kesalahan. Walaupun loss itu sering kali datang, tetapi jika Anda tidak melanggar aturan, maka kerugian yang dihasilkan pun akan sesuai target. Semoga membantu kesuksesan trading Anda!

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami