CARA TRADING KETIKA ADA RILIS DATA FUNDAMENTAL PENTING

Written by Anthonius Edyson, CWM, CTA, November 17, 2020

Rilis sebuah data fundamental penting yang berdampak tinggi bisa membuat trader stress ataupun ceria. Mengapa bisa begitu? Trading pada saat rilis sebuah data fundamental memang bisa membuat seorang trader dapart meraup keuntungan yang cukup besar ataupun malah membuat kerugian yang sangat luar biasa, tergantung dari cara trading mereka apakah arahnya sudah sesuai atau belum.

Mungkin Anda tidak sedang menunggu rilis data tersebut, atau mungkin sama sekali tidak berniat trading berdasarkan rilis data fundamental itu, tetapi Anda akan terkena dampaknya juga. Ini bisa terjadi karena setiap data fundamental penting suatu negara hampir pasti akan berdampak tinggi pada mata uang negara yang bersangkutan, oleh karena itu hendaknya Anda selalu siap dengan rajin memonitor jadwal rilis data fundamental penting setiap hari.

Keadaan yang tak terduga bisa saja terjadi. Mungkin Anda sudah punya posisi trading yang bagus sesuai dengan sinyal probabilitas tinggi yang Anda peroleh, tetapi karena sudah dekat dengan jadwal rilis data penting, Anda menjadi khawatir posisi tersebut akan berantakan.

Dalam kesempatan lain mungkin Anda ingin melakukan entry karena yakin sinyal trading yang Anda peroleh sudah sesuai dengan metode dan strategi, tetapi Anda menjadi ragu dan takut untuk entry karena tidak lama lagi akan ada rilis data fundamental penting. Anda khawatir volatilitas pergerakan harga yang tinggi pada saat rilis data akan menghancurkan management resiko yang akan Anda terapkan.

Meski demikian Anda tetap tidak ingin melakukan entry berdasarkan rilis data tersebut karena memang selama ini hanya mengandalkan analisa teknikal, disamping arah pergerakan harga pada saat rilis data memang sulit diprediksi.

Karena rilis data fundamental penting hampir terjadi setiap hari, berikut ini ada 3 cara untuk mengatasi stress Anda ketika trading berdekatan dengan waktu rilis data fundamental penting.

1. Memiliki strategi khusus
Pertama kali tentunya Anda memilah mana data fundamental yang penting dan mana yang tidak. Data fundamental yang relatif kurang penting biasanya kurang berdampak atau bahkan tidak ada dampaknya. Anda bisa memeriksa data fundamental yang berdampak dan jadwal rilisnya disini. Jika Anda belum ada posisi menjelang rilis data fundamental berdampak tinggi, sebaiknya Anda jangan masuk ke pasar. Memilih untuk tidak melakukan entry adalah sebuah strategi.

Contoh dari sebuah data fundamental yang penting adalah Non-Farm Payroll. Dampak yang dihasilkan ketika rilis Non-Farm Payroll sangat tinggi, data fundamental ini biasa rilis pada Jumat minggu pertama setiap bulannya. Trading pada saat Non-Farm Payroll sangat dibutuhkan strategi khusus dan petunjuk yang benar seperti Non-Farm Payroll report. Apa itu Non-Farm Payroll report? Anda bisa cek disini.

2. Memperkecil position size
Jika ingin entry ketika ada rilis data fundamental penting, Anda bisa memperkecil position size (ukuran trading) karena Anda tidak akan pernah tahu arah pergerakan harga dengan volatilitas tinggi tersebut. Anda dapat melakukan trading dengan lot yang besar apabila sudah memiliki pengalaman ataupun petunjuk trading yang benar ketika rilis data fundamental yang penting.

3. Jangan pernah menyimpang dari strategi Anda
Apapun strategi yang telah Anda tentukan ketika ada rilis data fundamental penting, itu semua harus Anda jalankan dengan benar, jangan pernah menyimpang atau melakukan intervensi apapun. Menyimpang dari strategi ketika volatilitas pergerakan harga sedang tinggi justru akan berakhir dengan stress.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami