CARA HINDARI LOSS DENGAN FITUR TRAILING STOP

Written by Indri Dwi Sapitri, November 24, 2020

"Yang paling menjengkelkan saat trading adalah Saat sudah profit dan sedikiiittt lagi mencapai take profit, harga berbalik arah dan profit yang sudah kita dapatkan berubah menjadi loss atau bahkan terkena stop lossnya. huaaaaaa...."

"Kedua, saat Take profit udah hampir kena tapi harga berbalik arah? akhirnya kita pasang hedging.. habis Pasang, eh malah balik arah lagi . aarrrrggghhhh!!."

Kejadian seperti ini bisa kita hindari dengan penggunaan Trailing Stop. Apa sih trailing stop itu? dan bagaimana cara penggunaanya?

Apa itu Trailing Stop?

Trailing Stop merupakan fitur dari metatrader yang berfungsi untuk mengunci profit Anda dengan cara membuat stop loss Anda terus bergerak naik mendekati harga running dan tidak akan ikut turun jika ada penurunan harga running jika Anda pasang pada posisi Buy. Jika dalam posisi sell, trailing stop akan terus turun mendekati harga sekarang dan tidak akan ikut naik jika ada kenaikan harga running.

Contoh :

Trade Buy Seperti Biasa


 

Posisi Floating Profit (Harga Running)


 

Pasang Trailing Stop 50 Point


 

Posisi Floating Profit Makin Naik (Harga Running Makin Naik), Posisi Trailing Stop Makin Naik


 

Posisi Floating Profit Turun Sedikit, Trailing Stop Tidak ikut Turun
Jika Posisi Floting Profit Melewati harga Trailing Stop tertinggi. Posisi otomatis Close Profit di harga Trailing Stop Tertinggi
Hal yang sama (namun terbalik) jika dalam posisi sell

 

Trailing stop baru akan aktif jika posisi Anda sudah profit. Dengan cara kerja seperti itu, Anda tidak perlu kuatir lagi dengan perubahan arah harga yang menggerus profit yang sudah diperoleh. Karena dengan memasang trailing stop Anda tidak akan loss sekalipun stop loss Anda tersentuh karena stop loss yang terpasang sudah melewati harga pembukaan.

 

Cara Pasang Trailing Stop:

klik kanan pada posisi yang masih terbuka

Pada menu shortcut yang muncul pilih Trailing Stop

Kemudian atur tingkatan jarak stop loss untuk berapa pips (Pada metatrader yang menggunakan 4 digit desimal, jarak minimal adalah 15 pips, sedangkan untuk 5 digit desimal minimal 50 pips)

Berikut contoh open posisi yang sudah terpasang trailing stop 50 pips :

Note:

~Trailing stop hanya akan aktif jika posisi Anda sudah profit

~Untuk menghindari kerugian yang besar sebelum trailing stop aktif, ada baiknya Anda memasang stop loss terlebih dahulu.

~Trailing stop yang berkerja di platform atau terminal Anda sendiri, jika komputer dimatikan, otomatis trailing stop Anda juga akan mati

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami